Michelin Luncurkan Ban untuk Sportcar

Produsen ban Michelin tampaknya makin agresif dipasar Indonesia. Setelah meluncurkan ban untuk motor, Jumat (28/7) lalu, produsen ban asal Perancis ini meluncurkan lagi produk ban terbarunya, yakni ban khusus untuk mobil sport premium, yakni Pilot Sport 4S. Adanya ban baru tersebut selain melengkapi portofolio produk banMichlein di Indonesia juga memberikan alternatif bagi pemilik mobil sport di Indonesia akan ban yang berkualitas.

Menurut Fritz Mueller, Presdir PT Michelin Indonesia—distributor ban Michelin di Indonesia, pertumbuhan penjualan mobil premium hanya satu persen, sangat kecil jika dibandingkan dengan pertumbuhan mobil segmen lain. Namun, konsumen yang berada di kelas ini tidak pernah berhenti mengejar kepuasan berkendara. Mereka dengan kemampuan daya belinya berusaha untuk melengkapi kendaraannya dengan produk-produk yang up to date. “Genuine passion dari konsumen premium inilah yang melahirkan kebutuhan akan kesenangan berkendara yang tinggi dan menjadi inspirasi Michelin untuk meluncurkan ban ultra-high performance Michelin Pilot Sport 4S," ujarnya. Ban Michelin

Michelin Pilot Sport 4S (PS4S) diluncurkan pertama kali di Los Angeles, California, Amerika Serikat, januari lalu. Ban ini diposisikan untuk menggantikan produk sebelumnya, yakni Pilot Super Sport, yang telah beredar lebih dulu dan banyak dipakai oleh pecinta sportscar maupun supercar dan juga dipakai sebagai ban standar di beberapa produsen mobil berperforma tinggi. Kelebihan ban ini selain memiliki umur yang lebih panjang juga diklaim mampu memberikan performa terbaik untuk sportscar atau supercar sekalipun. Penggunaan senyawa ban yang berbeda pada sisi luar dan dalam ditengarai menjadi salah satu kuncinya. Struktur bannya tidak berubah-ubah saat dipacu dengan di kecepatan tinggi sehingga dapat mempertahankan traksi pada titik optimal. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan struktur dinding ban baru dan disematkannya benang hybrid berbahan campuran antara Aramid dan Nylon.

Michelin Pilot Sport 4S, performanya dirancang di bawah produk Michelin lainnya yakni Pilot Sport Cup 2. Namun ban dibuat dengan teknologi terbaru ini merupakan pengembangan produk sebelumnya, yakni Pilot Sport 4. Pilot Sport 4S mengadopsi teknologi ban yang digunakan di balap ketahanan Le Mans. Komponen ban ini menggunakan teknologi hybrid belt technology yang menyebabkan response steering yang bagus.

Pilot Sport 4S juga dirancang handal di lintasan basah dan kering. Untuk itulah Pilot Sport 4S menggunakan teknologi Bi-compound, teknologi ini memungkinkan Michelin untuk memproduksi satu ban dengan menggunakan dua jenis compound yang berbeda. Di bagian dalam Pilot Sport 4S dibekali dengan wet compound, dan bagian luar menggunakan dry-wet compound.

Michelin Indonesia menyediakan ban ini mulai dari ukuran 19-21 inci dengan 34 jenis ukuran. Ban terbaru ini diklaim cocok digunakan untuk on-road (harian) dan juga track day. Pilot Sport 4S sudah di sebar di toko-toko ban dan distributor ban Michelin. Ban ini dengan harga mulai dari Rp 5 juta. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)