Management Trends zkumparan

Mustika Ratu Ekspansi ke China Lewat Kolaborasi Lazada dan Tmall Global

Mustika Ratu Ekspansi ke China Lewat Kolaborasi Lazada dan Tmall Global
Penandatanganan kerja sama antara CEO Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang, Co-President Lazada Group Chun Li dan Deputy General Manager Tmall Global Qian Yi bersama dengan Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Lazada Indonesia bersama Tmall Global, sebuah platform belanja online di China milik Alibaba Group, dan Mustika Ratu mengumumkan kerja sama untuk memasarkan produk Mustika Ratu di pasar China melalui flagship store di Tmall Global pada akhir 2019. Sebagai importir, Tmall Global menyediakan platform bagi brand dan retailer dari pasar global untuk menjangkau konsumen di China.

Dalam pilot kerja sama ini, Lazada dan Tmall Global akan mendukung Mustika Ratu untuk membangun brand awareness, mendapatkan customer insights dalam membentuk keseluruhan strategi merek untuk pasar China, tanpa perlu mendirikan operasi fisik di Tiongkok.

Tmall Global akan mendukung dalam proses on-boarding, akses ke berbagai solusi perdagangan di ekosistem Alibaba dan berbagai panduan lain untuk mengoptimalisasi operasional Mustika Ratu setelah flagship store onlinenya di Tmall Global terbentuk. Tujuan adalah agar para konsumen Tmall Global bisa mengakses beragam produk kesehatan dan kecantikan Mustika Ratu.

Menurut Chun Li, Co-President Lazada Group dan CEO Lazada lndonesia, “Kerja sama ini menunjukkan komitmen Lazada untuk memberdayakan dan mengakselerasi kemajuan pelaku usaha dan banyak brand asli lndonesia dalam upaya mereka memanfaatkan meningkatnya permintaan konsumen China terhadap produk impor berkualitas,” katanya di kantor Lazada, Capital Place, Jakarta, (4/9/2019)

Lazada berperan sebagai platform bagi banyak brand asli lokal melalui LazMaII. Ke depannya, dengan model kerja sama ini, Lazada sebagai partner resmi Tmall Global di Indonesia akan membantu mengkurasi banyak brand di platform LazMall yang ingin memperluas jangkauannya ke China melalui flagship store di Tmall Global.

Sementara menurut Qian Yi, Deputy General Manager of Tmall Global, kerja sama ini bermula dari permintaan konsumen China terhadap produk internasional berkualitas tinggi. Melalui kerja sama dengan Lazada untuk mengidentifikasi brand internasional asal Asia Tenggara termasuk Indonesia akan memudahkan Tmall memasarkan produknya ke China.

“Kemitraan ini bertujuan memberikan Mustika Ratu platform terbaik untuk mempromosikan dan menghubungkan penawaran-penawaran terbaiknya ke konsumen Tiongkok melalui Tmall Global. Kami ingin bisa bekerja sama dan mendukung lebih banyak brand Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari perdagangan lintas batas di era digital dan secara jangka panjang membangun kedekatan brand dengan konsumen China,” ujar Qian Yi.

Pada kesempatan yang sama, Bingar Egidius Situmorang, CEO Mustika Ratu, mengatakan. “Kemitraan ini sejalan dengan misi kami untuk mengembangkan pasar ekspor dan mendekatkan produk kami ke konsumen global, dengan Tiongkok sebagai target pasar utama kami di tahun 2020. Kami sangat senang bisa memanfaatkan keahlian, infrastruktur dan teknologi yang dimiliki digital ekonomi Alibaba untuk terhubung dengan konsumen generasi baru di Tiongkok.“

Untuk brand internasional, Tmall Global adalah saluran e-commerce lintas batas milik Alibaba Group yang menjadi gerbang bagi mereka yang ingin memasuki pasar China. Tmall Global menghubungkan jajaran brand terkemuka dunia dengan konsumen China yang mengunjungi Tmall Global untuk mencari produk-produk dari seluruh dunia yang sulit didapatkan secara lokal di China.

Per Juli 2018, lebih dari 50% konsumen di platform ini berusia di bawah 27, kelompok usia yang terus meningkat baik dari segi jumlah maupun daya belanja, hasrat untuk menooba barang-barang baru, serta meningkatnya selera mereka terhadap produk-produk impor berkualitas. Tmall Global kini menghadirkan lebih dari 18 ribu brand internasional yang berasal dari 4.000 kategori dari 77 negara dan wilayah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved