Mutu Internasional Lewat Inovasi Science Prodia

Inovasi science yang berhasil dilansir PT Prodia Widyahusada, salah satunya adalah ProSafe.  Ini adalah tes pemeriksaan unggulan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin dengan menggunakan sample darah ibu hamil.

Melalui tes ini kelainan kromosom seperti Down Syndrome, Patau Syndrome, Edward Syndrome, dan Turner Syndrome dapat dideteksi. ProSafe menggunakan teknologi terbaru Next Generation Sequencing (NGS) dari Illumina, San Diego, AS. Dengan sequencing yang lebih luas, ProSafe memiliki tingkat akurasi 99,99%. Tes ini telah tersedia di Prodia Bandung, Denpasar, Batam, Jakarta dan sekitarnya.

Permintaan pasar yang begitu besar pada tes ProSafe ini, Prodia menargetkan tahun 2018 akan tersedia di seluruh cabang dan dapat melayani tes pemeriksaan kepada pelanggan.

Produk inovatif lainnya yang dihadirkan adalah Tes Pemeriksaan Warfarin IndivTest (CYP2C9 & VCORC1 genotipe) yang berfungsi untuk mengetahui adaya polimorfisme pada gen CYP2C9 dan VCORC1 untuk penentuan dosis obat warfarin.

Pemeriksaan yang menunjang pengobatan kanker secara personal (targeted theraphy) juga sudah dikembangkan Prodia, di antaranya untuk pengobatan kanker paru, usus, payudara, dan prostat. Selain itu, ada  tes pemeriksaan Telomere, bekerja sama dengan Lifelenght Lab. “Tes ini memberikan informasi usia kita secara biologis dan tindak lanjut yang dapat dilakukan apabila usia biologis lebih tua daripada usia kronologis sebenarnya,” ujar Presiden Direktur PT Prodia Widyahusada, Dewi Mulyati.

Gaya hidup sehat yang menjadi tren saat ini juga dilihat Prodia. Olahraga lari adalah salah satunya untuk menjawab kebutuhan  pelari, Prodia meluncurkan Marathon Fit Panel. Ini menjadi produk terbaru berupa paket pemeriksaan untuk menunjang kesehatan masyarakat yang memiliki aktivitas olahraga lari. “Paket pemeriksaan disesuaikan dengan kebutuhan pelari, yakni general body check, metabolic check, liver health check, bone health check, kidney health check, electrolite, thyroid check, physical examination, dan konsultasi dokter,” jelasnya.

Menghadirkan berbagai tes yang bervariasi, Prodia memiliki competitive advantages dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis yang bergerak dalam industri laboratorium klinik. Dewi juga menyampaikan bahwa Prodia menjadi satu-satunya Laboratorium Klinik Rujukan yang terakreditasi Collage of American Pathologist (CAP), sehingga memiliki standard mutu internasional.

Prodia berkomitmen memperluas cakupan layanan laboratorium rujukan di Indonesia sembari  menjaga kualitas layanan. Kualitas tes pemeriksaan yang dihadirkan Prodia dilakukan dengan program pemantapan mutu nasional dan internasional. Target yang ingin dicapai Prodia dalam hal pertumbuhan bisnis di 2018 yaitu kenaikan laba bersih perseroan dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Reportase: Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!