Marketing Trends

Nameera, Mainan Baru Unilever di Kosmetik Halal

Nameera, Mainan Baru Unilever di Kosmetik Halal
Nameera Aquatic Botanical merek produk komestik halal milik Unilever Indonesia

Data Kemenperin menunjukkan permintaan terhadap kosmetik halal meningkat secara signifikan di tahun 2018, sehingga mendorong pertumbuhan industri kosmetik naik 7,35% di kuartal pertama 2018. Tren ini diharapkan terus meningkat tahun ini melihat gelombang hijrah makin besar.

Hijrah meningkatkan kesadaran masyarakat akan konsumsi dan penggunaan produk halal, termasuk produk kosmetik. Terlebih dipahami bahwa tidak sah shalat seseorang jika ada bahan baku non halal yang dipakai di wajah atau tubuhnya.

Pasar kosmetik halal juga sangat besar, populasi muslimah berhijab di Indonesia yang kini mencapai 61%, angka tertinggi sepanjang sejarah. Sebagai konsumen, mereka aktif mencari berbagai cara untuk menampilkan kecantikan yang sesuai dengan fitrah, yaitu kecantikan yang murni dan modis, sesuai dengan syariat Islam, dan tidak menyolok atau berlebihan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, PT Unilever Indonesia Tbk. meluncurkan Numeera Aquatic Botanical, produk perawatan kulit pertama di Indonesia yang menggunakan formula HydRadiance dengan bahan-bahan natural. Produk skincare ini bertujuan mengembalikan kemurnian dan kesehatan kulit wajah wanita dengan kombinasi Purity of Water (pemurnian air) dan ekstrak bunga teratai. Nama Nameera sendiri memiliki arti ‘air murni yang penuh manfaat’.

“Nameera Aquatic Botanical merupakan solusi bagi wanita muslimah modern di Indonesia yang mendambakan inovasi skincare natural dan halal, “ kata Ira Noviarti selaku Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk.

Nameera ingin membantu para muslimah untuk mengembalikan kecantikan sesuai dengan fitrah, yaitu: merawat diri dan kecantikan sebagai bentuk rasa syukur dan tanggung jawab kepada Allah terhadap nikmat yang telah diberikan-Nya, tetap menjadi diri sendiri, indah dipandang, tidak berlebihan sehingga menarik perhatian, dan sesuai dengan syariah.

Tidak hanya menyediakan jajaran produk perawatan kulit, Nameera Aquatic Botanical juga memulai kampanye berjudul “Cantiknya Fitrah” untuk mempromosikan gaya hidup penampilan yang modis, bersahaja, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam yang baik.

Untuk menjalankan kampanye ini, Unilever menunjuk digital Maleo. “Proposal ide kampanye Maleo berhasil menjawab kebutuhan Nameera Aquatic Botanical,” jelas Fiona Anjani Foebe, GM Innovation – Personal Care dari PT Unilever Indonesia Tbk. Kampanye ini berhasil menunjukkan empati pada ketegangan sosial yang terjadi pada kaum wanita muslimah yang dilayani oleh brand.

“Maleo juga berhasil menciptakan ekspresi yang akurat dan indah untuk segmen yang spesifik. Kami berharap kampanye ini dapat diterima dengan baik di pasar dan memberikan perspektif baru di industri kecantikan,” imbuhnya.

Untuk memperkuat imej merek ini, Laudya Cynthia Bella ditunjuk sebagai duta Nameera Aquatic Botanical yang merepresentasikan penampilan cantik, sopan, dan percaya diri, tanpa pulasan kosmetik berlebihan. Bella seperti kita ketahui sudah berhijrah dengan berhijab sejak 3 tahun lalu.

“Dari sekian banyak produk perawatan kulit muslimah yang saya ketahui, Nameera Aquatic Botanical memiliki misi yang menurut saya sangat positif, yaitu mengajak para muslimah untuk mengembalikan kecantikan mereka pada fitrahnya. Hal ini sangat penting untuk diangkat, di tengah semakin banyaknya muslimah yang ingin berubah menjadi lebih baik, termasuk dalam hal merawat dan menampilkan kecantikan,” ungkap Bella.

Selain menunjuk Bella sebagai duta merek, Nameera juga menggandeng Hijabers Community di Indonesia. “Ini merupakan angin segar bagi para muslimah berhijab di Indonesia, dimana mereka bisa menjadi wanita modern yang tampil cantik, namun tidak perlu menggunakan hijab atau make-up yang berlebihan. Justru hal-hal yang terlalu mencolok pada dasarnya tidak sesuai dengan fitrah yang dianjurkan Islam,” kata Putri Dwi Andari selaku Ketua Hijabers Community.

Nameera Aquatic Botanical terdiri dari regime skincare yang dibagi atas tiga bagian: Purifying Cleansing untuk membersihkan kulit secara menyeluruh; Potent Hydration untuk menutrisi, melembapkan, dan mengembalikan kemurnian kulit; serta Perfect Glow berupa BB Cushion & Lipstick untuk sapuan make-up yang natural.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved