Nilai Tambah Inovasi PGE Berpotensi Mencapai Rp 300 Miliar

(kiri) Direktur Utama PGE, Ahmad Yuniarto. (Foto : Istimewa).

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mendorong pegawainya melakukan inovasi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan lewat ajang Geovation Awards 2021. Hasilnya, dapat menciptakan potensi inovasi hingga ratusan miliar rupiah. Setelah dilaksanakan selama lima hari, Geovation Awards 2021 menghasilkan real value creation sebesar Rp 14,2 miliar, potensi value creation Rp 242,6 miliar, dan project value creation Rp 94,6 miliar.

Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto, mengapresiasi seluruh Perwira PGE atas berbagai inovasi yang telah dilakukan dan berharap tetap berinovasi untuk mendukung tercapainya sasaran strategis perusahaan. “Selamat kepada seluruh Perwira PGE dengan pencapaian yang luar biasa dengan inovasi yang tiada henti, dan pada akhirnya kita semua menjadi pemenang,” kata Ahmad dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir SWA Online di Jakarta, Senin (18/10/2021).

Sebanyak 115 gugus PGE mengikuti penjurian Geovation 2021 secara virtual. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya, 108 gugus. Sebanyak 54 gugus berhasil mendapatkan penghargaan predikat Gold, 51 gugus meraih Silver, dan 5 gugus lainnya mendapatkan Bronze. Geovation Awards 2021 yang merupakan Forum CIP PGE dengan tema Supporting Corporate Business Growth to Reach a World Class Geothermal Green Energy Company Through Impactful Innovation yang digelar pada 11-15 Oktober 2021 melalui aplikasi Mevent PGE.

Geovation Awards 2021 ini menunjukkan konsistensi perusahaan dalam memunculkan semangat inovasi pada seluruh Perwira PGE. Selain itu, ajang ini merupakan bagian  PGE dalam menjalankan bisnisnya yang selalu menerapkan aspek environment, social, dan governance (ESG). Khususnya dari sisi environment (lingkungan), sebagai wujud dukungan PGE terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan energi panas bumi yang ramah lingkungan.

Tak hanya di internal perseroan, inovasi yang dihasilkan perwira PGE pun menyabet penghargaan Dharma Karya ESDM, penghargaan tertinggi di sektor energi. Salah satunya inovasi PC-Prove GIMS yang meraih penghargaan Dharma Karya ESDM tingkat muda. Inovasi ini merupakan sistem yang meningkatkan efektifitas audit management system melalui Sistem Aplikasi PAS (PGE Audit System) di PGE.

Kemudian, penghargaan lainnya yang diterima PGE juga Dharma Karya ESDM Muda. Kali ini diberikan untuk FT-Prove Jas Lab, atas penemuan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengujian sampel uap panas bumi dengan metode Acid Conversion (ACONV) di PGE Area Kamojang.

Program ini pun  merupakan wujud memenuhi komitmen  PGE untuk goal ke tujuh SDGs (Sustainable Development Goals), yaitu,  memastikan akses energi  terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan, dan modern bagi semua (affordable and clean energy).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)