Marketing Trends

Ninja 250 CC Masih Perkasa di Pasar

Ninja 250 CC Masih Perkasa di Pasar

Meski sempat disibukkan dengan munculnya kompetitor seperti Yamaha R-25 dan Honda CBR 250, Kawasaki Ninja 250 cc, motor sport fairing keluaran PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), masih tetap bertengger sebagai penguasa di kelas tersebut. Ninja 250, sepanjang tahun 2016 terjual 14.743 unit, atau menguasai sekitar 45% dari pasar keseluruhan motor sport 250 cc.

Kawasaki Ninja 250R

Kawasaki Ninja 250R, motor sport terlaris di tahun 2016

Sejatinya, pasar khusus untuk motor sport 250 cc sangat kecil. Sepanjang tahun 2016 lalu, motor sport 250 cc, baik yang bermesin single dan twin, hanya terjual 32.706 unit saja. Pasar yang kecil ini disesaki dengan beragam merek dan tipe, antara lain, Kawasaki, Honda Yamaha, KTM dan Suzuki. Ninja 250, motor yang diluncurkan sejak 1983 ini masih jadi pilihan terbanyak konsumen motor sport 250 cc sepanjang 12 bulan tahun 2016. Posisi kedua dan tiga ditempati oleh Yamaha R25 dengan distribusi sebanyak 5.150 unit (15,75%) dan Kawasaki Ninja RR Mono sebanyak 4.108 Unit (12,56%). Posisi ke empat ditempati oleh Honda CBR250RR mulai unjuk gigi dengan terdistribusi sebanyak 2.698 (8,25%).

Bila dibagi-bagi menjadi per-pabrikan, maka dari 10 tipe sepeda motor terlaris di kelas sport 250 cc ini , maka Kawasaki menjadi jawaranya dengan total 22.277 unit atau menguasai 68,56% pangsa pasar, diikuti oleh Yamaha 22,45% , Honda 8,3% . dan Suzuki.

Di kelas ini Honda CBR250RR sangat fenomenal. Sejak diluncurkan bulan lalu, sekitar Nopember 2016, sport fairing keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) ini sudah terjual lebih dari 2 ribu unit. Dengan membuka penjualan online, plus promo memghadirkan juara dunia moto GP Marc Marques, ternyata mampu menarik minat pembeli .

Penjualan Kawasaki Ninja 250 cc Indonesia adalah yang terbanyak di dunia, mengalahkan India dan Amerika Serikat. Mesin standar motor ini mampu menghasilkan kecepatan maksimal 160-165 km/jam. Motor ini sudah mengalami lima kali transformasi mayor (utama) baik dari teknologi mesin maupun desain sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 lalu.

Menurut Michael Chandra Tanadi, Deputy Head Sales & Promotion Divisi Pemasaran KMI, keberhasilan Kawasaki Ninja tak lepas dari brand image yang sudah kuat di masyarakat Indonesia, khususnya pecinta motor sport. Pendekatan ke komunitas yang dilakukan KMI selama ini juga menjadi salah satu unsur bahwa Ninja masih melekat di benak konsumen. Apalagi dengan aktivitas promo melalui sinetron “Anak Jalanan” yang dibintangi Steven William, cukup mambantu mendongkrak brand image dan tentu nya penjualan Ninja. “Kami belum riset tentang ini,. Tapi ini membantu popularitas dan image Ninja 250 cc,” ujarnya. (Rian S/Otomotifnet)

Artikel terkait:

Kisah Kawasaki Ninja di “Anak Jalanan”Luncurkan New Ninja 650, Kawasaki Perkuat Segmen Mode


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved