Technology Trends

Oracle Exadata Cloud@Customer Masuk ke Indonesia untuk Mendorong Inovasi

Oracle Exadata Cloud@Customer Masuk ke Indonesia untuk Mendorong Inovasi

Organisasi-organisasi di Indonesia kini dapat bergabung dengan organisasi-organisasi dari seluruh Asia Pasifik yang beralih ke Oracle Exadata Cloud@Customer untuk menjalankan bisnis mereka dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang tidak dapat diprediksi.

Layanan Oracle Cloud Exadata dapat menghadirkan kemampuan kinerja tinggi di balik firewall pusat data milik pelanggan. Hal itu memberikan organsasi kemampuan untuk mendapatkan pengalaman cloud publik penuh dan dengan cepat mendapatkan nilai lebih dari data mereka, sekaligus memenuhi persyaratan untuk kewenangan dan keamanan data yang ketat.

Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group Oracle Indonesia mengatakan, Indonesia semakin merangkul teknologi digital, cloud, dan teknologi baru lainnya saat organisasi berupaya memodernisasi operasi mereka dan mendorong inovasi. Namun, pendekatan pemrosesan data konvensional tidak dapat mengimbangi pertumbuhan volume data dan persyaratan kepatuhan.

Dan Exadata telah lama menjadi platform pilihan untuk mendukung persyaratan data yang paling penting, tidak ada platform lain, infrastruktur yang dapat disesuaikan dengan keadaan, database, atau layanan cloud lain yang mendekati biaya atau kinerja serta kesederhanaan yang ditawarkan Exadata. Selain itu, karena arsitektur Exadata yang sama seperti on premise cloud, sehingga organisasi juga dapat yakin bahwa lingkungan TI mereka sekarang siap untuk menyambut masa depan perusahaan serta tidak perlu khawatir bahwa data perusahaan harus keluar dari data centernya.

“Melihat meningkatknya permintaan cloud di Indonesia dan kebutuhan berkelanjutan dari pelanggan untuk solusi hybrid, kami telah melihat minat yang baik dari organisasi swasta maupun publik yang ingin mendapatkan manfaat dari solusi baru ini,” ujar Rusly secara virtual (9//1/2022).

Rusly menjelaskan Oracle Exadata Cloud@Customer X9M adalah cara paling sederhana untuk memindahkan database Oracle yang utama dan beban kerja bisnis yang penting, termasuk untuk sistem perbankan inti dan infrastruktur TI, ke cloud. Selain itu, tim TI dapat fokus dalam mendorong inovasi karena manajemen sumber daya cloud publik dan kemampuan Oracle Autonomous Database opsional memungkinkan mereka untuk menghilangkan hingga 80 operasi database manual.

Versi terbaru, platform Oracle Exadata X9M, melanjutkan arsitektur scale-out unik dari platform inti Exadata, yang dioptimalkan untuk mempercepat aplikasi analitik, dan pemrosesan SQL queries tingkat rendah, analitik, dan algoritme pembelajaran mesin. Ini membantu menyederhanakan operasi TI, memungkinkan kombinasi OLTP, analitik, pembelajaran mesin, kapasitas memori dan beban kerja campuran apa pun untuk diselesaikan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Pun, pelanggan Exadata X9M dapat mengkonsolidasikan lebih banyak lagi Oracle Database pada satu sistem Exadata, sehingga membantu mengurangi biaya dan kompleksitas.

Saat ini sebanyak 87 persen dari Global Fortune 100 dan ribuan perusahaan kecil mengandalkan Oracle Exadata Cloud@Customer untuk menjalankan Oracle Databases dan yang sangat penting mengkonsolidasikan infrastruktur database serta membantu mengurangi banyak biaya.

Suthathip Soniam, Direktur Jendral Departemen Strategi dan Evaluasi Bangkok Metropolitan Administration mengatakan, dengan penerapan Oracle Exadata Cloud@Customer sebagai platform TI utama untuk semua aplikasi utama yang menjalankan operasi, pihaknya dapat menyediakan layanan mobile yang lebih gampang kepada penduduk. “Memiliki satu platform cloud terintegrasi dapat membantu kami memperoleh wawasan berbasis data. Selain itu, efisiensi dan kecepatan sistem yang lebih tinggi dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi dapat membantu mengurangi waktu tunggu pelayanan. Dengan ini, permintaan atau pertanyaan layanan warga dapat dilayani dalam waktu yang lebih singkat daripada sebelumnya,” tutur Suthathip.

Gary Goh, Chief Technology Officer AIA Bhd berpendapat bahwa memindahkan platform manajemen data perusahaan yang memperkuat keterlibatan pelanggan utama AIA dan kemampuan layanan ke Oracle Exadata Cloud@Customer X9M semakin menekankan prioritas strategis untuk mengutamakan pelanggan. “Tetap penting bagi kami terus memberikan layanan yang lebih cepat, lebih aman, namun sangat personal kepada pelanggan,” ungkapnya.

Oracle Exadata juga menyediakan fondasi untuk Oracle Cloud@Customer Dedicated Region. Solusi ini memberikan Oracle strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di mana mereka berada, dengan memungkinkan mereka untuk menyimpan data dan layanan di mana mereka membutuhkannya melalui kemampuan untuk menyebarkan Oracle Cloud sepenuhnya di dalam pusat data mereka sendiri.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved