Technology Trends

Pasar Game Indonesia Potensinya Luar Biasa

Pasar Game Indonesia Potensinya Luar Biasa

Banyak pendapat mengatakan bahwa game pengaruhnya buruk pada perilaku manusia. Padahal tidak semua game demikian, ada banyak bisa digunakan sebagai training tools dan edukasi. Apalagi kalau digarap serius potensi pasar game itu sangat besar dan pertumbuhannya luar biasa. Nilai pasar game termasuk game deveoper di Indonesia sekitar US$ 600 juta pada 2016, nilainya melambung dibanding 2015 yang mencapai US$ 321 juta.

Hal tersebut disampaikan Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada peluncuran Indonesia Games Championship (IGC) di The Pallas Fairgrounds, SCBD Jakarta (23/02/2017). Untuk mendorong industri game lebih besar lagi Bekraf mendukung berbagai kegiatan yang turut membangun ekosistem game dan pengembangnya. “Kami mendukung game developer Indonesia menjadi penguasa pasar game di negeri sendiri. Pertumbuhan pasar game sekitar 7 persen per tahun. Bekraf sangat mendukung pengembangan game terutama yang memiliki kearifan lokal yangg tinggi,” imbuhnya.

Telkomsel menggelar IGC, sebuah ajang kompetisi games dan berkumpulnya anak muda yang memiliki keterampilan dalam bermain games. Kompetisi yang digelar di lima kota ini diperkirakan akan diikuti lebih dari 10 ribu peserta dan pengunjung, menjadikan acara ini games event terbesar di Indonesia. Menurut Venusiana Papasi, Senior Vice President Consumer Marketing Telkomsel ada sekitar 35 juta pelanggan Telkomsel yang menggunakan untuk jaringan Telkomsel untuk game. “Seperti disampaikan Pak Hari, kami sebagai operator selular ingin turut serta membesarkan ekosistem ini. Tidak ada target peningkatan pelanggan di sini secara khusus, lebih ke ekosistem,” tegasnya.

Ajang ini pertama kali diselenggarakan Telkomsel. Tapi dalam hal mendukung pengembangan ekosistem digital, sebenarnya Telkomsel sudah sering melakukan ajang lomba digital creative sebelumnya. Venus menambahkan game merupakan salah satu kegiatan yang mendorong kreatifitas, Telkomsel secara konsisten mendukung pengembangan ini terutama digital creative. Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston menambahkan, melalui IGC ini pihaknya berupaya mewadahi komunitas gamer yang ada di Indonesia untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi seputar games. “Ajang ini merupakan salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pendaftaran untuk kualifikasi nasional dibuka mulai tanggal 23 Februari 2017 yang dapat diakses secara online di telkomsel.com/IGC. Pertandingan babak kualifikasi nasional akan dimulai pada tanggal 23 Maret 2017 di Medan, Bandung, Surabaya, Malang, dan Makassar. Para pemenang babak kualifikasi tingkat nasional akan saling berhadapan untuk memperebutkan gelar juara pada grand final yang akan berlangsung pada tanggal 21-23 April 2017 di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta.

IGC diselenggarakan dalam dua kategori, yaitu PC Game dan Mobile Games. Untuk kategori PC Game, jenis game yang dikompetisikan adalah Dota-2, Point Blank, dan World of Tank. Sementara jenis game yang dikompetisikan pada kategori Mobile Games adalah Vainglory, Clash Royale, Crisis Action, dan LINE Let’s Get Rich. Para pemenang kompetisi games ini akan memperebutkan hadiah total senilai lebih dari Rp 500 juta.

Pada puncak acara IGC di Jakarta, Telkomsel juga akan menyelenggarakan seminar untuk pengunjung yang ingin mengetahui seluk beluk industri games dan tren di pasar Indonesia maupun global. Selain itu, diadakan pula coaching clinic dari game developer expertise yang akan berbagi tips bagi para local game developer yang ingin belajar dan memperdalam kompetensinya dalam membuat sebuah game yang handal dan menarik.

Para pengunjung IGC juga bisa merasakan serunya bermain virtual reality game menggunakan teknologi terbaru Omni virtual. Bahkan pencinta games juga diajak bernostalgia ke era 1990-an dengan permainan konsol lawas, seperti Nintendo dan Playstation, serta permainan papan, seperti ular tangga dan ludo.

IGC juga akan menghadirkan para game developer dan publisher ternama, yakni LINE, Netmarble, Owngames, Touchten, Gamevil, Digital Happiness, dan True Digital Plus yang akan menampilkan game rilis terbarunya. Pengunjung juga akan dihibur penampilan musik atraktif dari beberapa band ternama.

Telkomsel juga mengadakan kompetisi cosplay (parade kostum tokoh film kartun atau video games) yang bisa diikuti oleh perorangan maupun kelompok. Kontes ini terbagi atas tiga kategori, yakni cosplay, cosplay cabaret, dan coswalk. Selain itu, Telkomsel juga menggelar TCASH Food Bazzar, di mana pengguna TCASH bisa merasakan pengalaman bertransaksi secara nontunai di merchant-merchant makanan dan minuman, seperti Chatime, Lotteria, Hop Hop, KFC, Indomaret Food Truck, dan Bakmi GM.

Editor: Eva Maratha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved