Marketing Trends

Pasar SUV Geser Penjualan MPV

Pasar SUV Geser Penjualan MPV

Tren penjualan mobil dari segmen sport utility vehicle (SUV) terus meningkat sejak beberapa waktu ke belakang. Hal ini sejalan dengan kian beragamnya pilihan SUV yang dikeluarkan pabrikan mobil guna memenuhi kebutuhan konsumen. Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), mengamini bahwa pergerakan market SUV akan terus naik kendati ia meyakini pasar mobil serbaguna (MPV) akan tetap menjadi yang terbesar di Indonesia.

“Kita lihat dari pergerakan market dalam beberapa tahun terakhir (SUV) naik terus, global trend juga sama,” papar Henry kepada wartawan seusai membuka booth Toyota di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran.

Henry menambahkan, tahun lalu komposisi market SUV sekitar 19 persen, tahun sebelumnya 12 persen. Hal ini menurutnya disebabkan banyaknya pilihan model sehingga pasar tumbuh pesat.

Dia memprediksikan market SUV pada tahun ini akan naik dari 19 persen menjadi sekitar 20 persen. Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan SUV dari sejumlah merek pada 2017 di antaranya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Nissan X Trail, Honda CR-V dan produk lainnya terjual 15.083 unit. Sedangkan Compact SUV dengan produk Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Suzuki SX4 dan produk lainnya terjual 29.523 unit.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved