Management Trends zkumparan

Pasca Transformasi, Bank Bukopin Resmi Berganti Nama Jadi KB Bukopin

Presiden Direktur KB Bukopin, Rivan A Purwantono

Bank Bukopin mengumumkan pergantian identitas perusahaan menjadi KB Bukopin. Perubahan nama dan logo tersebut sebagai salah satu langkah strategis yang dilakukan bank ini dalam rangkaian proses transformasi yang dimulai sejak September 2020 dengan tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”.

Pengumuman nama KB Bukopin pertama kali disampaikan perusahaan tanggal 11 Februari 2021 melalui Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia. Menurut Corporate Secretary KB Bukopin, Meliawati, pengumuman hari ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan regulator dan menyampaikan secara luas kepada masyarakat akan branding baru KB Bukopin. Adapun, perubahan di berbagai atribut fisik dan digital dilakukan bertahap.

Manajemen KB Bukopin yakin dengan langkah transformasi yang dijalani dapat mewujudkan visi menjadi top 10 bank di Indonesia dan menjadi pemain digital utama bagi bisnis ritel dan segmen UMKM. Ditambah dukungan dari pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank yang memiliki reputasi internasional dan terbukti berhasil memperluas ekspansinya di kawasan Asia Tenggara.

Presiden Direktur KB Bukopin, Rivan A Purwantono meyakinkan bahwa transformasi yang dijalankan adalah proses yang komprehensif di berbagai lini di KB Bukopin. “Pergantian nama dan logo ini bukan sekadar simbol. Ini adalah bentuk keseriusan kami dalam melakukan transformasi untuk menjadi lebih baik lagi, dan wujud keyakinan KB Kookmin Bank dengan potensi yang kita miliki,” jelasnya.

Sejak tahun 2018, KB memutuskan investasi di Bukopin dengan keyakinan akan terdapat kolaborasi yang sangat baik dengan kami. Kini sebagai PSP, dukungan KB Kookmin Bank semakin solid.

Kesamaan karakteristik lini bisnis di segmen ritel dan UMKM, dan pangsa pasar yang dimiliki oleh KB Kookmin Bank dan KB Bukopin menjadikan kolaborasi yang sempurna dalam menciptakan pertumbuhan kinerja bisnis yang berkelanjutan ke depannya, sehingga dengan penggunaan brand identity KB Bukopin.

“Ke depan, kami makin optimistis mampu memperbaiki kinerja dan melayani nasabah dengan lebih baik lagi,” jelas Rivan.Kini dalam realisasinya, KB Bukopin sejak beberapa bulan terakhir berhasil meraih nasabah baru dari korporasi Korea yang beroperasi di Indonesia, berkat kuatnya reputasi brand KB.

KB Kookmin Bank sebagai salah satu bank nomor satu dan di bawah naungan grup finansial terbesar di Korea Selatan, telah memiliki basis nasabah yang kuat di berbagai negara. Hal ini juga akan dikembangkan di Indonesia bersama KB Bukopin.

Selain KB Bukopin, KB Kookmin Bank sebelumya telah memperluas jaringan dengan mengakuisisi bank di China, Kamboja dan Myanmar. Sedangkan kantor cabang KB Kookmin Bank di luar Korea sudah terdapat di 15 kota, mulai dari Tokyo, Auckland, hingga New York dan London. “KB Kookmin Bank dan KBFG memberikan dukungan besar kepada kami, termasuk dalam penggunaan brand identity KB. Dengan iklan KB Kookmin Bank yang ditayangkan di media sejak akhir Desember lalu dengan brand ambassadornya, BTS, ikut membantu familiaritas brand KB dan Bukopin secara paralel,” tambah Rivan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved