Management Trends

Pasokan Listrik Dukung Kemajuan Industri Kopi Nasional

Pasokan Listrik Dukung Kemajuan Industri Kopi Nasional
Kegiatan Festival Kopi

Saat ini meminum kopi di kedai kopi di negara kita sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tak heran jika jumlah kafe terus bertumbuh bak jamur di musim hujan. Mulai dari kafe yang kelas menengah hingga papan atas sesuai segmen pasar yang dibidik.

Melihat fenomena tersebut, bertumbuhnya coffee shop di sejumlah kota, perlu ditunjang juga oleh menariknya tampilan interior dan eksterior bangunan yang “instagramable,” bersifat kekinian. Itulah yang menjadi dasar tumbuh berkembangnya bisnis warung kopi modern saat ini.

Data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin menyatakan, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Pertumbuhan ini didorong oleh bertumbuhnya masyarakat kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat.

Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Ini menjadi potensi pengembangan industri pengolahan kopi di dalam negeri. “Produksi kopi kita adalah 639.000 ton tahun 2017 atau 8 persen dari produksi kopi dunia dengan komposisi 72,84 persen merupakan kopi jenis robusta dan 27,16 persen kopi jenis arabika.

Sejalan dengan tema Electricity Lifestyle, yang mengemuka dalam penyelenggaraan Bali Collection Festival 2019 (BCF 2019), seperti dikemukakan oleh Pambudi Prasetyo, Ketua Penyelenggara Festival Kopi, acara ini bertujuan memperkenalkan dan menggabungkan antara kemampuan seniman lokal setempat, dengan keindahan Bali beserta kuliner, dan tampilan produk kerajinan lokal kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

“Agustus adalah musim puncak kunjungan turis kedua di Bali setelah Idul Fitri, sehingga kami menyelenggarakan event yang sudah berlangsung selama 5 tahun ini. Dalam acara ini, kami masukkan Festival Kopi, yang baru diselenggarakan pertama kalinya. Kami berharap dapat berlangsung juga sebagai event tetap setiap tahun,” jelas Pambudi.

Festival Kopi yang berlangsung 16 – 18 Agustus 2019 di Nusa Dua, Bali, ditampilkan sejumlah acara, seperti perbincangan dan pengetahuan tentang kopi, serta pameran kopi yang menampilkan potensi kopi dari seluruh Indonesia. Di sini para pengunjung dan investor dapat saling mingle, ataupun juga berkomunikasi langsung dengan para petani atau pemilik kebun kopi, demo sangrai (roasting) kopi, dan menyaksikan langsung buyer’s cupping.

Acara yang diikuti 48 booth ini, menampilkan wakil dari pemerintahan, market place, lembaga pembiayaan dan perbankan, serta para pemain di bidang industri perkopian. Partisipan dalam pameran antara lain Kementerian Perindustrian, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Bandung,Terminal Coffee (binaan Pemda setempat), Kopi Nusantara, Grup Coco Group, Tropical, Prada, The Paon dan lainnya.

PT PLN (Persero) sebagai salah satu pengisi stan, juga mendukung bertumbuhnya industri kopi di Indonesia, melalui pemberian pelatihan dan penanaman kopi lewat anak perusahaannya Unit Pembangkit Mrica PT Indonesia Power di Desa Pengundungan dan Desa Krinjing, Jawa Tengah. Melalui program CSR-nya dapat membawa dua kelompok petani Kopi Senggani dari Kelompok Tani (Poktan) Rising – Desa Pengundungan dan Kopi Krinjing dari Poktan Bumi Asih memberi nilai tambah bagi para anggota Poktan dan juga industri terkaitnya.

Menurut Pambudi, luasnya penggunaan listrik dimulai sejak dari kopi tersebut ditanam sampai siap diminum. Proses penanaman kopi tidak hanya membutuhkan energi secara intensif, baik digarap dengan sistem tanam sederhana ataupun yang menggunakan mesin (mekanisasi pertanian). Faktanya, hampir 60% energi yang dipergunakan untuk menghasilkan secangkir kopi, terutama terletak pada sisi distribusi (pengangkutan), roasting (proses sangrai), dan penyeduhan (brewing) kopi.

Mesin roasting beroperasi pada suhu temperatur 550 derajat Fahrenheit, dan setiap satu jam menghabiskan sekitar 1 juta BTU (British Thermal Unit). Dari semua proses, penyeduhan kopi yang membutuhkan energi paling besar. Menggabungkan antara panas dari energi listrik itulah yang masuk dalam seni dan energi penyediaan kopi, termasuk berbagai mesin penyeduhnya. Secara total energi yang dipergunakan untuk menghasilkan 100 mililiter kopi setara dengan 1,94 megajoules, atau setengah KwH.

Hal senada juga dikemukakan oleh Nyoman Suweca, Ketua Indonesian Barista Association (IBA) Bali, yang secara organisasi berada di bawah Indonesian Food and Beverage Association Commitee (IFBAC) Bali. Menurut dia, untuk mendirikan coffee shop kekinian yang menampilkan frame mural yang menarik, dengan investasi lampu, meja dan kursinya, serta sekitar 4 jenis mesin untuk membuat kopi diperlukan investasi awal berkisar antara Rp100 – 150 juta. Biasanya satu coffee shop juga minimal mempekerjakan antara 4 -5 orang, termasuk barista dan waiter (pramusaji).

“Investasi terbesar adalah pada harga mesin-mesin seperti coffee grinder (mesin giling kopi), mesin espresso, french press (alat penghilang ampas kopi), milk steamer, dan kulkas untuk menyimpan susu dan campuran bahan kopi lainnya (chest freezer). Sebab harga satu jenis mesin saja berada sekitar Rp35 – 50 juta; kemudian jenis kopi yang banyak disukai saat ini adalah jenis kopi premium, yakni specialty coffee (jenis kopi khusus yang tumbuh di daerah tertentu),” paparnya dalam rilis yang dikirim via surat elektronik ke SWA Online.

Istilah specialty coffee merujuk pada kopi yang memiliki cupping test score di atas 80 poin. Penilaian ini berdasarkan aroma dan rasa yang khas dan istimewa di atas kopi rata-rata pada umumnya. Berdasarkan data Kemenperin, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi specialty yang dikenal di dunia, termasuk kopi luwak dengan rasa dan aroma khas sesuai indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia.

Hingga saat ini, sudah terdaftar 22 Indikasi Geografis untuk kopi Indonesia, di antaranya Kopi Arabika Gayo, Kopi Arabika Toraja, Kopi Robusta Puputan Bali, Kopi Arabika Sumatera Koerintji, Kopi Liberika Tungkal Jambi, dan Kopi Liberika Rangsang Meranti. Dalam pameran Festival Kopi di Nusa Dua juga ditampilkan sejumlah specialty coffee antara lain Kopi Kintamani Bali dan Kopi Tanamera. Dari Kabupaten Temanggung – Jateng, sudah terdaftar dua IG yakni Kopi Arabika Jawa Sindoro-Sumbing dan Kopi Robusta Temanggung.

Di bidang usaha coffee shop, daya listrik setiap jenis mesin berbeda-beda, bervariasi antara 1.200 watt sampai 1.300 watt, di luar daya boiler. Biasanya setiap venue memiliki minimal 4 jenis mesin, serta pendingin ruangan (AC) sehingga untuk menyediakan daya listrik beserta spare daya tersedia, mereka perlu menyediakan sekitar 10.000 watt.

Suweca menambahkan, sejak setahun terakhir perkembangan coffee shop di Bali bertumbuh pesat, sehingga hampir setiap bulan muncul satu kafe baru. Kegemaran minum kopi juga ditunjang oleh meningkatnya pendapatan kelas menengah, sehingga membeli segelas atau secangkir kopi harga Rp30 – 50 ribu, tidak terasa berat.

Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Sri Yunianti, dalam kesempatan sama mengemukakan, pada Festival Kopi ini Kemenperin bekerja sama dengan lembaga akademi di Tangerang, Prodigy, mengadakan program bimbingan teknis (bimtek) selama 3 hari penyelenggaraan, mulai 16 -18 Agustus.

Program yang diikuti oleh 40 orang peserta ini, terbagi dalam 2 batch, yakni sesi pagi dan sore. “Kami ingin meningkatkan kompetensi SDM yang bergerak dalam industri kopi, khususnya para barista, sehingga mereka yang kebanyakan pesertanya adalah kaum muda – para milenial ini setelah selesai mengikuti bimtek, langsung dihadapkan pada arena job fair -bagian dari penyelenggaraan event ini.”

Mereka yang dalam pelatihan ini diharapkan dapat memilih, apakah akan menjadi barista di sejumlah coffee shop di Bali, atau mereka dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuannya menjadi wirausaha dengan membuka kafe sendiri. Karena setelah pelatihan, mereka akan langsung memiliki sertifikat barista. Mereka juga akan langsung berkompetisi, usai tiga hari pelaksanaan pelatihan dan bimtek.

Selain bertujuan meningkatkan hilirisasi kopi yang dapat ditingkatkan nilai tambahnya di dalam negeri, kami juga bertekad meningkatkan penerimaan pendapatan Bali di sektor pariwisata. Di luar materi kewirausahaan dan pengetahuan tentang kopi, materi lainnya dalam bimtek yang tidak dipungut biayanya ini, adalah membuat cafe latte.

Program ini biasanya diadakan berdasarkan permintaan dari Dinas Industri dan Perdagangan setempat, terutama di daerah yang menjadi sentra penghasil kopi, yakni jenis specialty coffee dengan IG nya. Misalnya di Jambi, Jember, dan juga Tanggamus – Lampung. Rencananya Kemenperin menyelenggarakan bimtek serupa di lebih dari 10 kota di Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved