Business Research Trends zkumparan

Paxel Alami Kenaikan 64% Melalui Layanan Same Day Delivery

Paxel Alami Kenaikan 64% Melalui Layanan Same Day Delivery
Ilustrasi aktivitas di pelabuhan

Kecepatan dalam mengirimkan barang kini telah menjadi minat baru bagi para konsumen, terutama di bulan puasa tahun 2019.

Data startup logistik e-commerce berbasis teknologi, Paxel, menunjukan selama bulan puasa konsumen semakin intens mengirim paket dengan layanan same day delivery atau pengiriman tiba di hari yang sama. Kenaikan jumlah pengiriman barang melonjak tajam hingga 64%. Kenaikan ini terlihat pada tanggal 5 Mei – 4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di sepanjang tahun 2019.

Co-founder Paxel yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, menuturkan, selama bulan puasa para konsumen menginginkan produknya cepat sampai. Hal ini membuat jumlah pengiriman melonjak tajam. “Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota,” kata dia.

Menukil data dari paxel, sepanjang bulan puasa tahun 2019, penggunaan same day delivery paling banyak digunakan untuk mengirim makanan sebanyak 52%, diikuti oleh fesyen sebesar 20,7%, produk kesehatan dan kosmetik, buku, dan peralatan rumah tangga yang masing-masing sebesar 10,8%, 6,7%, dan 4,2%.

Data ini berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya. Satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day delivery. Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, dimana lonjakan pengiriman mencapai 121%.

Sementara itu, pengiriman paket same day delivery selama bulan puasa terbanyak berasal dari Jabodetabek (79%) diikuti Bandung (14%) dan Surabaya. Konsumen yang mengirim barang antar kota menggunakan layanan same day delivery mencapai 68%, lebih banyak dari 32% konsumen yang mengirim paket same day untuk dalam kota.

Selain itu, selama Bulan Puasa, konsumen paling sering memesan pengiriman paket antara jam 8 pagi hingga 12 siang, agar barang dapat dikirim dan tiba di hari yang sama menggunakan Paxel. Sarah Nirmala, penjual Belah Doeren mengatakan omsetnya melonjak tajam selama bulan puasa.

“Karena saya menjual berbagai macam olahan makanan dari bahan dasar durian, sehingga cukup sulit untuk menjaga kualitas makanan karena harus cepat sampai ke konsumen. Layanan same day delivery sangat membantu jualan saya terutama di Paxel, sehingga omset kami dari pembelian online meningkat dua kali lipat, bahkan hingga empat kali lipat di bulan puasa”, ungkap Sarah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved