PDHMI dan Mustika Ratu Dukung Perkembangan Produk Herbal Medik

Menurut Kementerian Kesehatan, pemanfaatan obat tradisional sebagai upaya memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat atau bencana nasional Covid-19. Fitofarmaka adalah obat dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji pra klinik dan uji klinik.

Untuk memberikan dukungan perkembangan herbal medik di Indonesia, kembali diselenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan Pertama (PIT I 2021) oleh Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia (PDHMI) dengan mengusung tema “Harmonic Orchestration of Herbal Medicine in Indonesia” yang dilaksanakan secara daring/ virtual pada dua sesi, yaitu Sabtu-Minggu pada 20-21 dan 27-28 Maret 2021.

Pertemuan Ilmiah Tahunan Pertama ini dihadiri oleh para nara sumber dari berbagai bidang ahli seperti dari Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) serta didukung oleh  PT Mustika Ratu Tbk (MRAT)

Mustika Ratu dan PDHMI berupaya agar produk dalam negeri menjadi kebanggaan dan menjadi identitas bangsa sebagai brand lokal Indonesia. Masyarakat percaya bahwa apa yang terkandung di alam Indonesia memiliki khasiat yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Direktur Bisnis Pengembangan & Inovasi PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Ida Anjani menjelasakan bahwa  Mustika Ratu berhasil menciptakan suatu produk kesehatan inovatif berupa suplemen herbal yaitu Herbamuno+. Mustika Ratu juga kini sedang mempersiapkan uji klinis untuk produk Herbamuno+ sebagai jamu untuk menjaga Imun tubuh.

Kusuma mengklaim, Herbamuno+ merupakan suplemen jamu dengan formulasi lengkap mengandung 5 herbal aktif untuk wujudkan imun kuat Indonesia sehat. Herbamuno+ merupakan produk yang simpel dan praktis, dikemas dalam bentuk strip yang terdiri dari 4 kaplet, di mana setiap kaplet memiliki kandungan tumbuhan herbal yang banyak manfaat seperti,  Jahe emprit sebagai immunomodulator, mengatasi mual muntah dan gastroprotektor, sambiloto berfungsi sebagai antiradang / antinyeri dan penurun demam, akar manis bermanfaat sebagai antriradang / antinyeri, meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak napas, meniran bermanfaat sebagai  Immunomodulator dan hepatoprotektor dan daun jambu mete bermanfaat sebagai antinyeri, meredakan diare dan bronkodilator.

Pada sesi seminar tentang “Peranan herbal Indonesia dalam menjaga imun tubuh” yang dipandu oleh dr. Fenny Yunita, M.Si., Ph.D. Minggu, (21/03/21). Mustika Ratu menghadirkan Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati, biasa dipanggil Ayusa.  “Saya selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen herbal yang telah terbukti khasiatnya,  minum suplemen herbal Herbamuno+ untuk menjaga imun tubuh setiap hari 2 kaplet pagi dan malam menjadi solusi tepat bagi diri saya untuk tetap dapat beraktivitas tanpa cemas,” ujar  Ayu.

Dukungan terhadap suplemen herbal juga datang dari Dokter Spesialis Saraf dan Pendiri PDHMI, dr. Hardhi Pranata, Sp.S., MARS, yang mengatakan bahwa “Kami akan mendukung Herbamuno+ melalui penelitian agar dapat diterima menjadi fitofarmaka sehingga akan menambah jumlah produk herbal Indonesia yang akan memberikan manfaat luas kepada seluruh masyarakat.”

Herbamuno+ termasuk kedalam 14 obat herbal yang sedang mendapat pendampingan penelitian BPOM sebagai adjuvan untuk pengobatan Covid-19. Herbamuno+ ini seratus persen alami dan aman dikonsumsi setiap hari dan tersertifikasi Halal oleh Majelis Ulama Indonesia.

Mustika Ratu juga telah berhasil mendukung kemajuan herbal Indonesia, salah satu produk herbal Mustika Ratu yaitu Slimming Tea telah menjadi  Obat Herbal Terstandar. Slimming Tea merupakan salah satu ramuan sejak puluhan tahun lalu dari sang Empu Jamu, Dr.BRA Mooryati Soedibyo yang terbukti secara uji klinis melalui penelitian para ahli.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)