Management Trends

Peduli Lingkungan, Cosmax Indonesia Terapkan Konsep Conscious Beauty

Peduli Lingkungan, Cosmax Indonesia Terapkan Konsep Conscious Beauty
Vaksinasi gratis sebagai salah satu upaya PT Cosmax Indonesia berkontribusi pada lingkungan. (Dok. Cosmax Indonesia)

Saat ini industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat dan berada pada masa jayanya. Meningkatnya industri kecantikan secara kesuluruhan diringi dengan meningkatnya penggunaan produk kecantikan yang hadir di pasar. Dengan variasi produk yang beragam mulai dari produk lokal hingga produk internasional, dari produk anti jerawat hingga produk pencerah kulit.

Perusahaan-perusahaan kecantikan, baik berskala kecil maupun besar mulai berinovasi dalam menciptakan produk dengan kelebihannya masing-masing. Namun, dengan meningkatnya inovasi dan variasi produk yang beragam, secara tidak sadar hal tersebut dapat berdampak kepada lingkungan sekitar seperti limbah produksi, sampah kemasan, dan lainnya.

Kini banyak masyarakat di Indonesia sudah mulai sadar akan produk ramah lingkungan, dimana terlihat meningkatnya permintaan akan produk berkonsep cruelty-free hingga eco-friendly. Untuk mendukung gaya hidup yang berkelanjutan, PT Cosmax Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia, menghadirkan konsep Conscious Beauty bagi seluruh proses bisnis perusahaan.

Conscious Beauty merupakan gerakan pendekatan bijakasana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari, sadar akan seluruh aspek yang terkait berupa manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika.

Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia mengatakan, oenerapan Conscious Beauty ymencangkup penggunaan solar panel sebagai energi listrik berkelanjutan, proses produksi ramah lingkungan, sertifikasi lengkap berupa COSMOS, EVE VEGAN, GMP, ISO, BPOM dan Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga jaminan aman akan produk yang dihasilkan kepada pasar.

“Cosmax Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik global berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan mendukung industri yang sadar akan lingkungan serta terus melakukan peningkatan penggunaan produk ramah linkungan dalam berpartisipasi mengembangkan industri kecantikan yang berkelanjutan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dengan menerapkan Conscious Beauty, perusahaan tidak hanya terfokus dalam menghasilkan produk kecantikan yang inovatif, tetapi juga ikut turut berinovasi terhadap kontribusi lingkungan berkelanjutan. Seperti dengan pemasangan solar panel pada pabrik utama memberikan opsi energi listrik ramah lingkungan yaitu dapat mengurangi emisi karbon atau carbon foot print yang diproduksi sebesar 288.200 kWh dan 10kWh CO2 setiap tahunnya.

Perusahaan juga melaksanakan vaksinasi gratis bagi 3.000 penduduk yang tinggal di Ciracas sekitar area pabrik pada 15 – 29 September 2021. “Oleh karena itu, diharapkan dengan menjadi pioneer Conscious Beauty di Indonesia, hal tersebut juga bisa diterapkan oleh seluruh pemangku kepentingan pada setiap industri terkait. Sehingga peningkatan industri kecantikan di Indonesia juga dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar,” harap Cheong.

Perusahaan kosmetik ini di bawah naungan Cosmax Korea yang bergerak di bidang Cosmetics Research, Development, and Manufacturing. Beroperasi sejak 2012 di Indonesia, perseroan sudah memproduksi berbagai jenis produk kecantikan antara lain makeup dan skincare dalam berbagai bentuk seperti gel, liquid, cream, semi liquid, solid dan powder.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved