Pemenang Pucuk Cool Jam 2018 Rilis Single Perdana

Band D’synthetlc, grup band besutan siswa SMA Negeri 4 Tangerang Selatan, berhasil menjadi juara utama ajang festival seni dan kreativitas Pucuk Cool Jam 2018 yang diselenggarakan oleh produsen Teh Pucuk Harum.

Dengan kemenangan ini, Band D’synthetlc siap meramaikan industri musik lndonesia dengan meluncurkan video musik "#staycoolNfresh" di Bloeming Executive Lounge & Dining, Jakarta (5/7/2018). Peluncuran single ini diaransemen oleh Abenk Alter, musisi nasional dan mantan vokalis Soulvibe serta video musik yang disutradaria oleh Aji Yudistira.

“Ini merupakan apresiasi bagi pemenang utama kategori band ajang Pucuk Cool Jam 2018 seteleh mengikuti ketatnya seleksi. Mereka mendapatkan pengalaman bergengsl di lndustri musik berupa rekaman di studio musik dan pembuatan video musik dengan figur profesional di bidangnya,” jelas Erick Hariianto, Marketing Manager RTD Tea & Juice, PT Mayora Indah Tbk.

Erick mengungkapkan, Teh Pucuk Harum berkomitmen mewadahi potensi, minat dan talenta anak muda di lndonesia sehingga lahir generasi muda yang kreatif dan inspiratif melalui Pucuk Cool Jam. Kami berharap dengan kehadiran video musik "#staycoolNfresh" dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak muda Indonesia untuk berani menggapai Pucuk Momen lewat hobi yang dimiliki dan ditekuni, ” ungkapnya.

Pengalaman bermusik profesional sekaligus menambah skill musik lewat keterlibatan proses pembuatan video musik telah menjadi langkah baru bagi band yang digawangi oleh Dandy Hendstyo (vokal), Hilmi Gantara (gitar), Abhi taksana (bass), Kevin Pasha (drum) dan Arrafiu Asyqar (kyeboard) dari SMAN 4 Tangerang Selatan ini. Menariknya, band yang mempunyai aliran musik pop jazz ini sempat juga meraih banyak prestasi di berbagai kompetisi musik antar SMA di Jabodetabek.

"Kami bangga menjadi bagian dari kompetisi yang juga memberikan ruang untuk mengembangkan kemampuan musikalitas kami sebagal musisi. Apalagi dengan arahan dan dukungan dari Abenk Alter dan Aji Yudistira yang sangat membantu menghidupkan karya single dan video musik "#staycoolNfresh ini menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi seluruh anak muda di Indonesia, ” jelas Dandy.

Bicara mengenai konsep dan makna dari single berjudul "#staycoolNfresh" ini, Abenk Alter sebagai song writer, mengungkapkan bahwa lagu ini memillki konteks hubungan personal atau pertemanan. ”Lagu ini bisa digambarkan menjadi seorang teman yang mendukung dan menebarkan semangat untuk berani menggapai impian yang ingin diraih. Untuk itu konsep lagu ini memadukan tempo dan warna musik yang semangat, positif, dan ceria, sekaligus ear-catching untuk para penikmat musik khususnya anak muda, ” jelas Abenk. Menurutnya, Band D'synthetic mampu beradaptasi dan memiiiki keinginan besar untuk belajar sehingga mampu menghidupkan semangat dalam karya musik ini.

“Konsep video musiknya adalah bersama~sama dengan ide yang fresh dan dengan jiwa yang muda, merayakan keberanian dan semangat untuk mencapai puncak atau 'Together we celebrate fresh and vibrant to achieve the moment” . Kira-kira seperti itu lah, dan konsep ini sudah dimatangkan sejak bulan Februari 2018 lalu, " tambah Aji.

”Seru banget waktu syuting di Bintaro, ada hujan buatan segala, selama seharian kita akhimya jadi tahu kalau syuting music video itu ternyata nggak gampang ya, belajar juga tentang art performance di panggung dan bagaimana supaya kita bisa percaya diri dan nggak malu di depan kamera, " tukas Dandy yang Agustus ini berencana untuk melanjutkan kuliah di bidang manajemen.

Aji, sang sutradara video musik juga menuturkan bahwa ini adalah kali pertama baginya membuat karya untuk talent anak SMA. 'Memang tantangan berkerja sama dengan anak SMA. karena mereka minim pengalaman untuk membuat video musik. Seperti grogi dan kurang percaya diri di depan kamera jadi tantangan tersendiri, makanya kami (saya dan Eve) melakukan workshop terlebih dahulu ke Band D'synthetic sebelum hari syuting. Kami ingin membangun percaya diri, dan memberi pengetahuan cara bergaya di depan kamera, bagaimana melakukan performance yang powerful sesuai dengan lirik dan arti lagu yang merelca nyanyikan, " ujar Aji.

“Karena video musik adalah media untuk penyanyi atau band untuk full berekpresi mengenai karakter sebuah band dan mengartikan lagu yang mereka bawakan dengan visual dan menjelaskannya kepada masyarakat nantinya, " tambah Aji. Proses pembuatan video iniidealnya berlangsung selama 1 hari atau 12 jam. 'Dan pembuatan music video Band D’synthetic ini termasuk cepat karena talent-nya juga gampang diarahkan.‘

Aji juga mengatakan bahawa dari segi musikal, Band D’synthetic bagus. “Dengan bisa menjuarai ajang Pucuk Cool Jam 2018, Band D'synthetic melakukan rekaman lagu dari Abenk hasilnya bagus. Memang di awal ada sedikit arahan bagaimana cara mereka mengekspresikan lagu tersebut ke dalam visual. Tapi secara keseluruhan, oke banget, " tambah sutradara yang sempat pakai 9 kamera pas syuting music video untuk Raisa ini.

"Kami berharap agar keterlibatan Band D’synthetic dalam video musik"#staycoolNfresh" ini dapat menjadi batu loncatan, sehingga mendapatkan gambaran untuk melangkah ke ranah lndustri musik di tahap selanjutnya sambil terus menikmati momen "#staycoolNfresh",” Erick menuturkan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!