Management Trends

Pemprov DKI Jakarta dan Shopee Kembangkan UMKM Jakarta Menuju Pasar Global

Pemprov DKI Jakarta dan Shopee Kembangkan UMKM Jakarta Menuju Pasar Global
Program Jakpreneur Fest 2021 yang diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas (Foto: Ist)

UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta. Terdapat 1,1 juta UMKM di Jakarta1 yang berpotensi untuk dikembangkan melalui sinergi antara pihak pemerintahan dan instansi swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Experience Board dan Shopee menggagas program Jakpreneur Fest 2021 yang diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas, bahkan hingga menembus pasar internasional. Rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee ini telah memasuki puncak acara dengan digelarnya Malam Apresiasi Jakpreneur 2021 di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat. Gelaran ini menjadi bagian dari Jakpreneur Fest 2021 yang dimulai sejak bulan Mei 2021 lalu

Dalam acara ini, diberikan apresiasi kepada pemenang kategori Digital Learner, Eksportir Terbaik Jakarta, dan kategori Pertumbuhan UKM Terbanyak yang telah berhasil melewati periode kompetisi bisnis dalam program Jakpreneur Fest 2021.

Pada kesempatan yang sama Pemprov DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama untuk pengembangan UMKM di Ibukota dengan perusahaan e-commerce Shopee. dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo bersama Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Kerja sama ini termasuk pertama, pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk UMKM Jakarta menuju ekspor. Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan workshop terkait ekspor. Kedua, melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee. Ketiga, memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee, bahkan promosi ke negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran online.

Hadirnya Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee disambut baik oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. Menurutnya, sinergi antara pemerintah dan pihak swasta dapat mewujudkan ekosistem digital untuk UMKM dapat bersaing secara global.

“Jakpreneur Fest ini merupakan solusi bagi UMKM di tengah pandemi Covid-19. Kita tahu pandemi telah berdampak besar bagi UMKM, baik supply dan demand. Di tengah daya beli masyarakat yang melemah saat ini, maka berbagai upaya kolaborasi antara pemerintah dengan e-commerce, (ini) juga sangat membantu. Kami memiliki catatan, UMKM yang bisa bertahan adalah yang bertumpu di ekosistem digital,” ungkap Teten.

Pada kesempatan kali ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membangun Jakpreneur bersama. Dia menjelaskan bahwa pada prinsipnya Jakarta perlu membentuk ekosistem yang sehat agar UMKM dapat berkembang. “Prinsip kami bukan mengecilkan yang besar, tetapi membesarkan yang kecil. Jakpreneur menjadi bagian dari janji kita, bahwa dengan adanya 44 pusat pendampingan ditargetkan hadirnya 200.000 wirausaha baru. Namun, target ini tidak tercapai, tetapi terlampaui sejumlah 281.000 UMKM baru,” ujarnya.

Anies menjelaskan, keberhasilan ini adalah upaya kolaborasi dan berharap Malam Apresiasi Jakpreneur Fest ini menjadi ajang penghargaan bagi pribadi-pribadi yang patut menjadi contoh. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, menyampaikan komitmen Shopee yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta dalam hal perkembangan UMKM menuju ekspor.

“Kami melihat adanya potensi besar dari UMKM di DKI Jakarta. Shopee menjadi rumah bagi lebih dari ratusan ribu UMKM aktif yang ada di Jakarta dengan puluhan ribu di antaranya telah berhasil ekspor bersama Shopee. Ini menandakan bahwa terdapat banyak potensi UMKM di Jakarta yang siap untuk dibina agar dapat menembus pasar global sehingga turut berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi,” kata Handhika.

Pemprov DKI Jakarta dan Shopee juga memberikan apresiasi kepada para pemenang Kompetisi Bisnis di program Jakpreneur Fest 2021 di antaranya Ridwan Hermantoyo – GGS Fashion untuk kategori Digital Learner, Adelia Abidin – Create Baju Official untuk kategori Eksportir Terbaik Jakarta, dan Eric Evan – Yelonix untuk kategori Pertumbuhan UKM Terbanyak. Para pemenang akan mendapatkan edukasi dan pelatihan lanjutan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Jakarta yang akan didirikan pada November 2021 mendatang.

Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) Novita Dewi mengatakan JXB sebagai katalisator program-program Pemprov DKI Jakarta terus berkontribusi dalam upaya pengembangan UMKM Jakarta. Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta, Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee, menjadi bagian dalam rangkaian HUT 494 Tahun Jakarta yang mengusung tema Jakarta Bangkit.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved