Capital Market & Investment Trends

Pencapaian Dramatis Goodyear Indonesia dengan Laba Rp360 Miliar

Pencapaian Dramatis Goodyear Indonesia dengan Laba Rp360 Miliar

Memaksimalkan potensi bisnis di tengah masa pandemi yang penuh tantangan, menuntut Goodyear Indonesia untuk bertransformasi menjadi lebih adaptif, evolusioner, dan inovatif dalam mengarungi pasar yang dinamis.

Mengaktifkan mode pertumbuhan, pada tahun 2021 Goodyear Indonesia telah berhasil meluncurkan produk baru yang inovatif dan memperkuat kerja sama strategis original equipment manufacturing (OEM). Goodyear optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di tengah transisi pandemi ke endemi.

Dengan harapan akan berakhirnya pandemi dan volatilitas ekonomi global yang mulai muncul, PT Goodyear Indonesia Tbk. mengumumkan total pendapatannya sebesar US$150,2 juta untuk tahun fiskal berakhir pada 31 Desember 2021.

Pertumbuhan bisnis yang kuat selama tahun 2021 itu tidak terlepas dari peningkatan penjualan di segmen pengganti domestik dan OEM selain pulihnya bisnis ekspor. Perseroan mencatatkan laba US$ 2,4 juta (setara Rp360 miliar dengan kurs US$1=Rp15.000) yang merupakan pencapaian dramatis dibandingkan kerugian US$ 7,1 juta pada tahun 2020.

Hui Yun, Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia Tbk. dalam Paparan Publik RUPS Goodyear mengatakan, siuasi tetap menantang tetapi mulai pulih pada tahun 2021. “Kami menangkap pemulihan permintaan baik dari dalam negeri maupun negara-negara sekitar. Bisnis kami berhasil berpindah dari mode krisis ke mode pertumbuhan,” ujarnya.

Tahun 2021, emiten ini meluncurkan produk baru dengan teknologi canggih dan kinerja yang kompetitif, yaitu Assurance MaxGuard SUV, Light Truck Bias S&G HD dan Light Truck Radial S501. Kami memperkuat kerja sama dengan pelanggan OEM dengan memenangkan perlengkapan OEM yang baru. Semua pencapaian ini telah membuka jalan bagi pertumbuhan jangka panjang yang cepat.

Goodyear menekankan fokus pada keberlanjutan. Dengan menyeimbangkan pertimbangan lingkungan, sosial, dan keuangan, perusahaan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pemegang saham tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sejalan dengan tren pertumbuhan bisnis perusahaan yang positif, Goodyear Indonesia secara konsisten mengutamakan keselamatan dan kesehatan karyawan, memastikan seluruh protokol kesehatan yang berlaku dilaksanakan dengan disiplin.

Wicaksono Soebroto, Head of Communications Goodyear Indonesia mengatakan, “Kami mendukung upaya pemberantasan wabah Covid-19. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Goodyear telah menyelesaikan 98% vaksinasi 2 dosis untuk karyawan dan keluarganya dan telah mendekati 70% penyelesaian booster, mengikuti rekomendasi Kementerian Perindustrian untuk sektor-sektor esensial. Kami akan melanjutkan upaya untuk memainkan peran yang bertanggung jawab dalam mendukung kesehatan masyarakat dan tren positif pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Goodyear Indonesia adalah afiliasi dari Goodyear Tire & Rubber Company di regional Asia Pasifik yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Mempekerjakan sekitar 900 orang karyawan, memproduksi ban untuk industri komersial, truk dan busa untuk kendaraan keluarga dan kendaraan penumpang. GDYR adalah nama saham emiten dari PT Goodyear Indonesia Tbk yang telah diperdagangkan pada Bursa Saham Indonesia sejak tahun 1980.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved