Pendanaan US$3,25 Juta RaRa Delivery untuk Merevolusioner E-commerce di Indonesia

Startup pengiriman instan RaRa Delivery mengumumkan pendanaan sebesar US$3,25 juta yang dipimpin oleh Surge dari Sequoia Capital India dan East Ventures dari Indonesia. RaRa Delivery adalah satu-satunya perusahaan logistik last-mile di Asia Tenggara yang merevolusionerkan pengiriman satu hingga tiga jam untuk e-commerce melalui pendekatan berbasis data dan teknologi eksklusif mereka. Perusahaan ini memiliki misi untuk mengubah semua pengiriman di Indonesia menjadi pengiriman instant dan same-day.

Kepuasan akan hal-hal yang instan telah menjadi sebuah norma di seluruh kategori konsumen dikarenakan berubahnya kebiasaan belanja online masyarakat, sehingga pengiriman super cepat menjadi kebutuhan dan bukan lagi kemewahan. Di Indonesia, selera konsumen akan pengiriman yang cepat telah meningkat dan konsumen kini bersedia membayar lebih mahal untuk hal tersebut.

Ukuran pasar untuk pengiriman same-day diperkirakan akan tumbuh hingga 30%, dengan total 4,5 juta paket per hari pada tahun 2023, dan biaya logistik premium untuk layanan pengiriman same-day diproyeksikan meningkat menjadi Rp 65 triliun pada tahun 2023, naik dari Rp 4,4 triliun pada tahun 2018, sehingga melampaui pertumbuhan layanan pengiriman lainnya1.

Ketika membahas soal e-commerce di negara yang besar dan padat penduduknya seperti Indonesia, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana membangun teknologi dan infrastruktur untuk memecahkan masalah pengiriman cepat dan terukur dengan biaya paling optimal. Dalam hal ini ada peluang pasar yang signifikan untuk perusahaan pengiriman last-mile khususnya dalam infrastruktur pengiriman instan yang melayani banyak pedagang melalui satu interface yang mulus.

Didirikan pada tahun 2019, misi RaRa Delivery adalah mewujudkan pengiriman cepat dengan memanfaatkan model operasi yang berbeda dan teknologi pengelompokan (batching) data secara real-time. Pada saat perusahaan lain dengan infrastruktur logistik ekspres berfokus pada pengiriman 'satu titik-ke-satu titik' (point-to-point), RaRa Delivery telah mengembangkan teknologi pengelompokan real-time yang eksklusif untuk melakukan pengiriman 'banyak titik- ke-banyak titik' (many-to-many) hanya dalam beberapa jam, sehingga pada akhirnya biaya pengiriman dapat ditekan secara optimal. Pada saat yang sama, para kurir juga dapat menghasilkan uang lebih banyak dalam waktu dan jarak tempuh yang lebih sedikit.

Perusahaan ini juga berfokus untuk mengintegrasikan layanan mereka ke semua pasar online (marketplace) besar di Asia Tenggara supaya memungkinkan penjual mana pun bisa menawarkan pengiriman instant dan same-day kepada pelanggan mereka.

RaRa Delivery telah meningkatkan penawaran mengingat tingginya permintaan untuk pengiriman instant kebutuhan sehari-hari dan pasokan medis sebagai tanggapan terhadap pandemi global. Startup ini melayani pemain grosir seperti Sayurbox, serta perusahaan teknologi kesehatan Alodokter sebagai pelanggan utama dan telah menyediakan layanan pengiriman satu hingga tiga jam yang sangat diperlukan untuk kedua sektor tersebut di saat gentingnya perjuangan Indonesia melawan COVID-19.

Manfaat dari pengalaman pelanggan yang puas ini dirasakan oleh pedagang besar dan marketplace yang menghasilkan peningkatan permintaan yang besar. RaRa Delivery telah mampu memberikan layanan pengiriman tiga jam hingga 20% lebih murah karena efisiensi teknologi pengelompokan cerdas atau Smart Batching System.

“Di era akan kepuasan untuk hal-hal yang instan seperti masa sekarang, Rara Delivery merevolusionerkan logistik dengan memungkinkan pengiriman dalam beberapa jam untuk semua orang dimanapun di Indonesia. Disaat pengiriman ekspres telah berkembang pesat di sektor-sektor seperti bahan makanan dan perawatan kesehatan, kami melihat peluang unik untuk meningkatkan penawaran ini di semua kategori, karena harapan pelanggan tumbuh seiring dengan kematangan sektor e-commerce Indonesia,” jelas Karan Bhardwaj, Pendiri  & CEO RaRa Delivery.

“Melalui Smart Batching System dan tim kurir yang berdedikasi serta komitmen untuk memastikan pengiriman berjalan lancar, visi kami untuk menciptakan ekosistem yang memungkinkan pasar dan penjual e-commerce memberikan pengalaman premium kepada konsumen mereka menjadi kenyataan, mulai dari Indonesia, ” Bhardwaj menambahkan.

Selain pengiriman instan, platform RaRa Delivery pun menawarkan keandalan dan kenyamanan pelanggan melalui pemberitahuan dan pembaruan status secara real-time. Pelanggan dapat berbincang dengan customer service, kurir, atau dua-duanya secara bersamaan melalui satu platform chat. Di dalam sistem, RaRa Delivery menerima pesanan dari bisnis dan merchant melalui integrasi API, kemudian menghitung kapasitas, slot waktu, jarak, dan optimalisasi rute untuk mengelompokkan pesanan-pesanan dan memaksimalkan produktivitas guna mengurangi biaya per pesanan tersebut.  Perusahaan ini merupakan salah satu dari sedikit bisnis di Indonesia yang melakukan rekonsiliasi Cash on Delivery (COD) secara real-time melalui satu platform online. Perusahaan ini telah tumbuh 15 kali lebih besar hanya dalam satu tahun terakhir.

"RaRa Delivery sudah menjadi partner pengiriman kami sejak peluncuran Cerita Roti pada bulan November 2020. Saat ini, kolaborasi dengan RaRa memungkinkan kami untuk menyediakan roti-roti berkualitas untuk pelanggan melalui outlet Kopi Kenangan di Jabodetabek. Kecepatan dan kegesitan layanan mereka memungkinkan kami untuk melanjutkan komitmen kami untuk menyediakan customer experience. Kami tidak sabar untuk berkembang bersama RaRa Delivery dengan semua outlet Kopi Kenangan di seluruh Indonesia. " ujar Jack Siah, Vice President  Kopi Kenangan

RaRa Delivery didirikan di Singapura pada bulan Juli 2019 oleh Karan Bhardwaj, yang menyelesaikan pendidikannya di Nanyang Technological University, Singapura, dengan jurusan utama Teknik dan jurusan pendukung Bisnis dan Kewirausahaan. Sebelum mendirikan Rara Delivery, Karan mengelola supply chain e-commerce secara menyeluruh di Unilever Asia Tenggara dan Australasia. ipimpin oleh Surge dari Sequoia Capital India dan East Ventures dari Indonesia, pendanaan Rara Delivery juga didukung oleh 500 Startups, Angel Central, GK Plug and Play, dan angel investor Royston Tay and Yang Bin Kwok.

www.swa.co.id       

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)