Pendiri Pasar Polis Raih EY Entrepreneur of the Year 2018

Cleosent Randing, Pendiri dan CEO dari PasarPolis, meraih penghargaan Ernst & Young (EY) Entrepreneur of the Year 2018 untuk kategori Technology & Digital. Ia terpilih karena performanya dalam mengembangkan perusahaan dan atas kontribusinya untuk ekosistem startup lokal.

PasarPolis yang didirikan pada tahun 2015 oleh Cleosent Randing, memiliki misi untuk mendemokratisasikan asuransi untuk semua orang dengan inovasi teknologi dan proses klaim asuransi yang mudah dan praktis. Dan PasarPolis adalah perusahaan pertama dan satu-satunya yang telah mendapatkan pendanaan dari tiga perusahaan rintisan unicorn di Indonesia, yaitu Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih untuk penghargaan ini. Ini adalah sebuah kehormatan tersendiri, namun rekan-rekan tim saya lah yang ikut membangun PasarPolis sampai di titik ini yang layak mendapatkan penghargaan ini,” ujar Cleosent.

Menurutnya,  keberhasilan ini bukan karena kekuatan satu orang, melainkan berasal dari hasil kerja keras dan dedikasi orang-orang berbakat dalam tim PasarPolis. "Penghargaan ini makin memotivasi dan menjadi pengingat saya juga tim bahwa apa yang kita kerjakan bisa menciptakan dampak sosial positif dengan mewujudkan hidup bebas khawatir lewat teknologi," imbuhnya.

Sebelumnya, perusahaan Cleosent lainnya yakni Valuklik (sebuah agensi performance marketing) juga meraih dua penghargaan berturut-turut sebagai ‘Indonesia’s Independent Agency of the Year’ dari Campaign Asia di tahun 2016 dan 2017.

Cleosent mengakui bahwa kecintaannya pada dunia teknologi dan asuransi merupakan motivasi terbesar untuk selalu mengembangkan diri. “Saya mendirikan PasarPolis untuk merevolusi persepsi orang Indonesia terhadap asuransi. Dengan menyederhanakan proses klaim dan menciptakan berbagai model asuransi berdasarkan kebutuhan pelanggan, saya ingin asuransi bisa menjangkau lebih banyak orang, terutama segmen yang kurang diperhatikan, seperti pengemudi dan petani. Bahwa PasarPolis hadir di Indonesia untuk menyediakan layanan 'asuransi untuk semua orang' dan ini menjadi tagline perusahaan kami,” jelasnya.

Program penghargaan EY Entrepreneur of the Year adalah penghargaan paling bergengsi di kelasnya, dan dijuluki oleh banyak orang sebagai “Penghargaan Nobel untuk Entrepreneur.” Penghargaan ini diselenggarakan di lebih dari 140 kota dan 50 negara di berbagai penjuru dunia. Program ini memberikan apresiasi kepada mereka yang membangun perusahaan pemimpin pasar yang membuat komunitas, negara, dan dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Program ini telah memilih lebih dari 200 entrepreneur Indonesia yang memiliki prestasi dan kepemimpinan yang luar biasa. Pada tahun 2017, Achmad Zaky dari marketplace raksasa Bukalapak memenangkan penghargaan ‘Technology & Digital Entrepreneur’, sedangkan Nadiem Makarim dari perusahaan on-demand GO-JEK memenangkan penghargaan ‘Indonesia Entrepreneur of the Year’.

Pemilihan pemenang EY Entrepreneur of the Year didasarkan pada enam kriteria penilaian, yaitu: semangat kewirausahaan, value creation, visi yang strategis, dampak terhadap negara dan dunia, inovasi, serta kepemimpinan yang berintegritas. Para pemenang harus merupakan tokoh penting yang mendorong pertumbuhan dan perubahan positif pada pasar, membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengembangkan solusi inovatif, serta menginspirasi orang lain dengan visi, kepemimpinan, dan tindakan mereka. Sementara itu, penghargaan EY Entrepreneur of the Year diberikan kepada pengusaha yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam mengembangkan sistem yang mengubah lanskap online dan membentuk masa depan digital.

Industri asuransi global yang bernilai US$ 5 triliun memasuki masa transisi besar dengan hadirnya teknologi mutakhir seperti AI (Artificial Intelligence), blockchain, dan IoT (Internet of Things). Sebagai salah satu startup terkemuka di industri ini, PasarPolis menawarkan program asuransi untuk semua kelas masyarakat dengan menyediakan premi yang terjangkau dan proses klaim asuransi yang praktis.

PasarPolis menyediakan asuransi mikro lewat kerja sama dengan mitra ekosistem untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sebagai contoh, PasarPolis bekerja sama dengan perusahaan e-commerce untuk menyediakan produk asuransi yang relevan, seperti pengembalian ongkos pengiriman atau perlindungan barang untuk pembeli.

Untuk perusahaan seperti maskapai penerbangan Citilink, PasarPolis menyediakan kompensasi dana bagi penumpang yang penerbangannya tertunda. Setiap produk asuransi dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan mitra dan pelanggan PasarPolis. Model bisnis baru ini menguntungkan kedua belah pihak, dimana mitra bisnis bisa mendapatkan tambahan pendapatan, sementara pelanggannya mendapatkan perlindungan.

Setelah bertumbuh pesat dalam tiga tahun terakhir, PasarPolis telah dilirik oleh para investor raksasa. Baru-baru ini, tiga perusahaan rintisan ‘unicorn’ di Indonesia (perusahaan teknologi dengan valuasi di atas US$1 miliar): Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia mengucurkan pendanaan seri A untuk PasarPolis. Berdasarkan laporan kinerja pada kuartal kedua tahun 2018, PasarPolis telah berhasil menggaet 1,25 juta pelanggan dan mencatatkan tingkat pertumbuhan hingga 400% dari periode yang sama tahun lalu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)