Management Trends

Pengiriman Paket Lion Parcel Melonjak 100% Selama Ramadan 2021

Sepanjang Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2021, perusahaan jasa ekspedisi Lion Parcel (PT Lion Express) berhasil membukukan pengiriman meningkat dua kali lipat dibandingkan momen yang sama tahun 2020.

CEO Lion Parcel, Farian Kirana mengatakan, secara keseluruhan total pengiriman paket selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 meningkat 100 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pengiriman paket tersebut mencapai 4 juta kilogram. Rata-rata nominal pengiriman per resi periode itu berkisar 70 ribu kilogram yang didominasi volume paket di atas satu kilogram dengan pengiriman ke luar Pulau Jawa.

“Peningkatan jumlah pengiriman paket selama periode Ramadan dan Idul Fitri tidak terlepas dari strategi investasi penambahan jumlah armada transportasi darat truk hingga 25%, penambahan kurir sebanyak 20%, peningkatan agen sampai 40%, dan kenaikan hub hingga 50%,” kata Farian dalam siaran persnya (27/5/2021).

Investasi tersebut, lanjut Farian, berhasil menangani melonjaknya pengiriman paket selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Selain itu, lonjakan pengiriman paket juga dapat teratasi karena berbagai layanan yang dimiliki oleh Lion Parcel seperti Onepack, Regpack dan Bigpack yang diluncurkan pada awal April 2020.

Program promosi Sikat dan Harga Pas yang diberikan Lion Parcel kepada masyarakat juga menjadi salah satu faktor meningkatnya pengiriman paket selama Ramadan hingga Idulf Fitri tahun ini. Paket berupa pakaian, dokumen, makanan maupun minuman serta kebutuhan lain juga memberi kontribusi lonjakan.

Faktor pendorong lain adalah transaksi pengiriman paket melalui aplikasi yang meningkat 350 persen. Juga, didukung oleh program #KirimKebaikan yang turut menggandeng lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). “Situasi pandemi Covid-19 masih membuat masyarakat harus membiasakan diri untuk berinteraksi secara daring dengan keluarga, namun data riset kami menemukan daya beli mereka selama Ramadan menunjukkan tren positif,” ujar Farian.

Selama masa program tersebut, kata Farian, Lion Parcel berhasil mengumpulkan donasi berupa bahan pangan seperti beras dan produk susu dari para pelanggan dan dermawan yang dikirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

“Kami senang bisa menjadi bagian dan dari kebahagian masyarakat Indonesia melalui program #KirimKebaikan ini. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat,” ujar Farian menutup penjelasannya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved