Pentingnya Akuntansi Internasional sebagai Standar Global

Ilustrasi akuntansi internasional. (dok. finance.alchosilber.com)

Akuntansi internasional merupakan salah satu komponen yang dinilai penting dari seluruh profesi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Perubahan dalam teknologi digital serta perjanjian perdagangan internasional membuat perdagangan antar negara lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan masa lalu.  Seorang akuntan yang memiliki latar belakang yang kuat dalam akuntansi internasional memiliki potensi yang lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Silvia Hagaina Sembiring, Dosen Fakultas BioEntrepreneurship i3L School of Business (iSB) menyatakan bahwa dengan adanya kelas akuntansi internasional dapat membantu siswa menjadi lebih terinformasi tentang kebutuhan bisnis internasional saat ini.

"Setiap perusahaan memiliki situasi yang berbeda, dan kemungkinan mahasiswa yang lulus akan mendapatkan lingkungan kerja yang belum pernah dihadapi sebelumnya, dengan adanya akuntansi internasional membantu  mereka memahami dokumen dan juga isu yang berkaitan dengan ekonomi secara global,” kata Silvia dalam keterangan resminya.

Perusahaan secara rutin melakukan ekspansi bisnis melampaui batas teritori negara asal, baik itu dari negara asing atau organisasi yang berkembang secara internasional karena alasan keuangan dan operasional. Akuntansi Internasional membantu perusahaan agar tidak perlu menyajikan kembali laporan keuangan tiap-tiap negara, ini sangat penting dalam kepentingan ekonomi global.

"Dengan melihat pencarian modal asing yang terus berkembang sejak beberapa dekade, ini juga yang menjadi landasan pentingnya pengembangan standar akuntasi internasional yang kuat mempertimbangkan realitas bekerja dengan entitas di dua atau lebih yurisdiksi hukum,” terang Silvia.

“Spesialis akuntansi internasional serta standar akuntansi yang tinggi dengan keadaan saat ini, dapat menguntungkan siswa dan lulusan yang ingin bekerja di perusahaan multinasional ataupun lintas negara,” tambahnya.

Pelajar yang tertarik untuk mempelajari akuntansi internasional harus mulai memahami standar yang digunakan untuk mengelola audit, pelaporan dan juga mengerjakan tugas akuntansi yang berbasis global, hal ini berkaitan dengan mulainya bergeser prinsip akuntansi yang berlaku umum ke standar pelaporan keuangan internasional.

“Jika melihat garis besarnya, fungsi dari adanya akuntansi internasional adalah tidak lepas dari komparasi dan harmonisasi. Standarisasi akuntansi di tiap negara berbeda-beda dimana bisa saja adanya kekeliruan dalam penyesuaian saat adanya transaksi internasional. Salah satu contohnya terkait perpajakan. Untuk mencocokkan atau menjembatani perbedaan standar tersebut dibuatlah standar internasional yang berfungsi sebagai pembanding dan harmonisasi,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)