Pentingnya Merencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini

Presiden Direktur PT AIA Financail, Ben Ng (kiri) dan Direktur BCA, Suwignyo Budiman (kanan) saat peluncuran EduPlan di Jakarta, Kamis (14/02/2019).

Setiap orang tua menginginkan anak-anak mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun membuat orang tua harus memiliki perencanaan keuangan yang tepat demi mempersiapkan dana pendidikan bagi anak.

Menurut data Badan Pusat Statistik, biaya pendidikan diasumsikan terus meningkat 10-15% setiap tahunnya. Hal ini yang melatarbelakangi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT AIA Financial (AIA) meluncurkan asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan).

Direktur BCA, Suwignyo Budiman, mengatakan, pendidikan adalah hal mendasar dan memiliki peranan penting dalam meningkatkan taraf hidup. “Di Indonesia ternyata lebih dari 50% pendidikannya masih SD, bahkan yang Sarjana tidak ada 10%. Kesadaran akan pendidikan ini masih kurang sehingga pendidikan bukan hal utama. Tak hanya itu, saat ini pun bukan hanya kesadaran tetapi juga karena biaya,” katanya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ben Ng, Presiden Direktur AIA. Ben menuturkan, berdasarkan data AIA Customer Usage and Attitude Study pada 2018, sebanyak 89% keluarga Indonesia menginginkan masa depan yang lebih baik untuk keluarganya.

Adapun 84% keluarga rela menyesuaikan gaya hidup untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Kemudian, data AIA Middle Class Survey menunjukkan bahwa 94% berharap anak mereka dapat meraih pendidikan hingga Sarjana.

“Untuk menjawab tantangan tersebut serta sebagai wujud komitmen BCA dalam menyediakan solusi keuangan yang komprehensif bagi masyarakat, BCA bersama AIA menghadirkan EduPlan untuk membantu orang tua merencanakan pendidikan anak sejak dini,” lanjut Suwignyo di Jakarta, Kamis (14/02/2019).

“Melalui EduPlan, kami memberikan manfaat yang lebih komprehensif untuk menjamin pendidikan anak di masa depan sekaligus memberikan proteksi kepada masyarakat Indonesia. Peluncuran EduPlan ini pun semakin menguatkan kemitraan AIA dengan BCA yang sudah terjalin lebih dari 12 tahun,” tambah Ben.

Dengan membayar premi yang jumlahnya tetap dan tidak berubah selama 5,10, dan 15 tahun, asuransi EduPlan ini memberikan penawaran menarik seperti pembebasan premi apabila terjadi risiko meninggal, cacat tetap total, dan 58 penyakit kritis pada pemegang polis.

EduPlan juga memberikan jaminan pemberian manfaat dana pendidikan dengan empat kali pembayaran, yaitu sebesar 80% UP di usia 18 tahun, 40% UP di usia 19, 20, dan 21 tahun.

“EduPlan akan ditawarkan di lebih dari 1.000 cabang BCA melalui bancassurance consultant AIA. Asuransi ini juga bisa dibeli dari usia anak 15 hari sampai 18 tahun,” ujar Christine Setyabudhi, Senior Executive Vice President Wealth Management BCA.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)