Peran Runnovation Day 2022 Mengembangkan 10 Startups

Shinhan Future’s Lab Indonesia dan Xendit melakukan Demo Day yang bertajuk 'Runnovation Day 2022: Uncertainty Becomes Opportunity'. Acara ini menjadi kesempatan bagi para startup untuk menjelaskan perkembangan bisnis mengakselerasi 10 startups dalam melakukan pitching di hadapan para investor.

10 startups tersebut berasal dari program akselerator Shinhan Future’s Lab Indonesia (batch 3 dan 4) serta XcaleUp, program akselerator kolaborasi antara Shinhan Future’s Lab Indonesia dan Xendit. Startup-startup tersebut berasal dari sektor yang berbeda, mulai dari IZY (proptech), Sociabuzz (media creative-tech), Soul Parking (Business Service Solution), Ctscope (health-tech), Allure AI (beauty-tech), Modoc (commerce), Prospero Solutions (Business Service Solution), Periksa.id (health-tech), Legalku (legal-tech), Tweak Indonesia (wellness-tech). 

Melalui program akselerator ini, startup-startup telah dibekali oleh mentoring session dari para ahli di ekosistem startup Indonesia, kesempatan untuk bertemu dengan calon investor dari berbagai venture capitals baik lokal maupun internasional, hingga bertemu dengan representative Shinhan Financial Group di Indonesia maupun perusahaan lain yang memiliki potensi untuk bekerja sama dengan startup-startup tersebut.

Muhammad Ihsan Hilmiawan, Program and Project Manager Shinhan Future’s Lab Indonesia mengungkapkan bahwa Indonesia dan Korea telah melakukan kerja sama yang sangat aktif di berbagai sektor, termasuk hubungan ekonomi.

Indonesia selalu menjadi pasar potensial di pasar Asia untuk peluang investasi oleh perusahaan Korea, termasuk Shinhan Financial Group. Selanjutnya, Shinhan Financial Group akan dan selalu terus mendukung ekosistem startup Indonesia dalam berbagai cara praktis, seperti pendanaan, ekspansi, kolaborasi, teknologi, inovasi melalui program-program yang diberikan melalui Shinhan Future’s Lab Indonesia.

Meskipun tidak hadir secara langsung, Moses Lo,  CEO of Xendit mengungkapkan, “Seperti yang Anda ketahui, program Xcale up Acceleration dibuat oleh Xendit dan Shinhan Future’s Lab Indonesia untuk membantu startup mencapai potensi mereka dan dapat menjadi ‘sneak peek’ bagaimana Xendit menjalankan bisnis. Kami senang menerima banyak respon dari komunitas startup dan kami berharap untuk menjalankan program akselerasi ini secara teratur,” ujarnya.

Melalui Runnovation Day 2022 ini juga, Lee Jin Soo, Head of Global Department Shinhan Venture Investment, perusahaan investasi milik Shinhan Financial Group, memeriahkan Runnovation Day 2022 dan mengenalkan lebih jauh mengenai Shinhan Venture Investment. Untuk Indonesia sendiri, Shinhan Venture Investment segera hadir dengan pendanaan sebesar $200 juta yang akan diinvestasikan ke startups potensial di Indonesia.

Sejauh ini, Shinhan Venture Investment telah memiliki pengalaman selama 22 tahun dalam mengelola pendanaan dengan total $1.75 B, terdiri dari $0.77M private equity dan $0.98 B venture capital dan total 34 funds untuk startups di Korea dan negara lainnya. Shinhan Venture Investment juga telah mendapatkan berbagai penghargaan, seperti Best VC Fund Management House 2022 oleh KVCA, Best Venture Capital Award 2012 oleh President Republik Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Shinhan Venture Investment telah melakukan investasi di berbagai startup di berbagai lini sektor, seperti ICT, contents, healthacare, equipment, fintech, dan lain sebagainya.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)