Business Research Trends

Peringkat Teratas World's Best Banks 2021 di Indonesia oleh Forbes

Bank DBS Indonesia telah diakui sebagai World’s Best Banks, hal ini menggarisbawahi prestasi dan inovasi bank swasta tersebut. Penghargaan terbaru dari Forbes Magazine, yang menobatkan Bank DBS Indonesia sebagai pemenang peringkat pertama dari 20 bank terkemuka di Indonesia.

Forbes bekerja sama dengan perusahaan riset pemasaran Statista untuk memberikan penghargaan kepada 500 institusi perbankan di dunia melalui survei kepada 43.000 nasabah di 28 negara terkait bank yang digunakan responden. Kriteria penilaian dari penghargaan ini dibagi menjadi tiga, yakni rekomendasi, tingkat kepuasaan dan lima kriteria lain termasuk kepercayaan (trust), syarat & ketentuan (terms & condition), pelayanan konsumen (customer service), layanan digital (digital services), dan nasihat keuangan (financial advice).

Menariknya, Forbes dan Statista menemukan fakta bahwa kepercayaan dan layanan digital menjadi dua alasan terbesar masyarakat Indonesia dalam memilih bank terbaik andalan mereka. Penghargaan ini diperoleh berdasarkan testimoni para nasabah yang sudah merasakan layanan dan produk Bank DBS Indonesia, di mana nasabah dapat mendapatkan pengalaman new way of banking tanpa dirumitkan dengan urusan perbankan atau yang Bank DBS Indonesia sebut dengan live more, bank less. Hal inilah yang menjadikan Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat pertama World’s Best Banks di Indonesia.

Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Banking Analyst Statista, Sukyung Kim. “Dibandingkan dengan tahun lalu, Bank DBS Indonesia berhasil meningkatkan skornya pada hampir setiap dimensi penilaian, yang mencakup kepuasan secara umum dan rekomendasi,” ujarnya.

Penghargaan ini membuktikan komitmen Bank DBS Indonesia dalam bertransformasi secara inovatif. Hal ini ditunjukkan di mana sebelumnya Bank DBS Indonesia juga dinobatkan sebagai The World’s Best Banks 2020 di peringkat kedua oleh Forbes.

Transformasi digital Bank DBS Indonesia telah dimulai sejak 2017 sejak meluncurkan layanan perbankan digital digibank by DBS sebagai full-fledged digital banking yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan mulai dari membuka rekening, menabung, deposito, transfer valas, hingga investasi obligasi baik di Pasar Perdana maupun Pasar Sekunder hanya melalui genggaman tanpa harus ke cabang (branchless), tanpa perlu mengisi dokumen fisik (paperless), dan tanpa memerlukan tanda tangan basah (signatureless).

Untuk nasabah korporasi Bank DBS Indonesia menyediakan layanan DBS Ideal Rapid yang mengintegrasikan pemrosesan secara real time pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah, serta memfasilitasi transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka.

Paulus Sutisna, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia mengatakan, “Pencapaian yang kami peroleh merupakan pengakuan atas hasil kerja keras dari tim Bank DBS Indonesia yang senantiasa menciptakan inovasi dan menyediakan solusi serta pengalaman perbankan terbaik yang dapat diandalkan nasabah. Kami percaya bahwa ada peluang yang dapat diambil dari kondisi saat ini, terutama untuk mengakselerasi layanan digital Bank DBS Indonesia sehingga nasabah semakin dimudahkan.”

Komitmen transformasi digital Bank DBS Indonesia juga diimplementasikan dalam internal perusahaan dengan menerapkan rangkaian prakarsa perubahan dalam rangka mewujudkan kaidah bekerja baru di masa depan seperti pola kerja hybrid, pengaturan jam kerja fleksibel, memberikan karyawan pelatihan pada bidang-bidang yang kini sedang bertumbuh seperti design thinking, artificial intelligence, machine learning, dan prinsip-prinsip agile, serta bekerja berdasarkan data-driven.

Secara terpisah, Bank DBS Indonesia juga meraih penghargaan internasional lain dengan dinobatkan sebagai Indonesia’s Best Trade Finance Provider Award 2021 oleh Global Finance dan Best Risk Management Project (Risk Culture Project) pada Digital Awards 2021 oleh The Asset Triple A Awards.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved