Permintaan Musik Indonesia di Platform Joox Terus Meningkat

Beberapa tahun belakangan industri musik Indonesia menjadi salah satu primadona dari meriahnya dunia hiburan . Musisi Indonesia juga mulai naik daun dan mendominasi pasar. Apalagi di era digitalisasi industri musik yang dinamis seperti sekarang ini, membuka banyak peluang bagi musisi dalam memperluas preferensi musik pendengar.

Pemerhati musik, Wendi Putranto menilai bahwa kehadiran platform musik digital sangat membantu para musisi untuk mendapat exposure yang lebih luas. Bahkan, jika lagu tersebut masuk ke dalam heavy rotation yang didengarkan dan di-streaming oleh banyak orang, musisi dapat melakukan live streaming di platform musik dan tentu masuk ke dalam chart.

Menurut Wendi, dulu exposure tersebut yang tidak bisa diperoleh musisi karena segalanya masih terbatas. Tapi dengan adanya platform digital, jangkauannya menjadi lebih luas. Tidak hanya nasional, bahkan bisa ke regional Asia hingga internasional.

"Kini, kita bisa menikmati lagu apapun sesuka hati di satu aplikasi. Kalau dulu kan kita harus beli CD, Vinyl, atau kaset dari musisi favorit untuk mendengarkan koleksi lagu mereka. Sekarang, melalui platform streaming musik, kita bisa bebas memilih dan dapat mengontrol sendiri lagu apa yang ingin kita dengarkan kapanpun dan dimanapun," terang pemerhati musik, Wendi Putranto dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Platform musik Joox pun mencatat, permintaan terhadap musik Indonesia meningkat 300\% sejak 2016. Konsumsi lagu dangdut tercatat meningkat 3x lipat dibandingkan tahun 2019. Selain itu, lagu indie juga semakin diminati pengguna. Peningkatan signifikan terlihat dari jumlah stream Fiersa Besari, Nadin Amizah, dan Hindia sejak 2019.

"Sebelumnya, platform kami masih didominasi lagu internasional tetapi sekarang 80\% dipegang oleh lagu Indonesia. Bahkan, saat ini dangdut  semakin keren. Perkembangan ini terlihat di 2017 ketika Via Vallen menjadi penyanyi musisi terpopuler di platform Joox," ujar Peter May, Head of Joox Indonesia.

Dengan perkembangan tersebut memotivasi pihaknya untuk menjadi tuan rumah musik di Indonesia yang berfokus kepada penyediaan ragam musik yang cocok dengan selera dan kebutuhan pengguna Indonesia.

"Kami akan terus berevolusi sesuai dengan selera masyarakat dan menyediakan cara-cara baru untuk mendengarkan musik. Saat ini, Joox telah menyediakan 30 juta lagu dan bertekad untuk terus bertambah. Kami sangat bangga menjadi bagian dari ekosistem musik Indonesia," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)