Management Trends zkumparan

Pewaralaba Dipacu Berinovasi

Pewaralaba sebaiknya berinovasi. (Foto : Dyandra)

Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Dyandra Promosindo akan menggelar pameran dan konferensi waralaba, International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 20-22 Juli 2018. Pameran waralaba terbesar di Tanah Air ini mengangkat tema “Creating Franchise Entrepreneurial Behavior with Continuous Innovation” agar memacu para pengusaha waralaba untuk berinovasi.

“Sebuah bisnis harus bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk bisnis waralaba. Para pelaku bisnis harus terus membuka mata dan wawasan mereka akan apa yang tengah terjadi agar dapat terus berinovasi dan melahirkan ide-ide bisnis yang sesuai dengan zaman serta kemajuan teknologi,” ujar Anang Sukandar, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Rabu kemarin.

IFRA 2018 akan menghadirkan sekitar 280 brands dari 125 perusahaan dengan berbagai bidang seperti food & beverages, restoran, café/coffee shop, otomotif, spa, kecantikan dan kesehatan, retail mini market, perlengkapan bisnis, cleaning/laundry, IT/internet support, konsultan, klinik dan terapi, aksesoris, farmasi, properti, mebel, venue/hotel, recruitment & training center, karaoke/hiburan, rental company, sekolah/pendidikan, logistik, food truck, business opportunity, hingga supporting equipment. Seluruh perusahaan ini akan menawarkan potensi peluang bisnis waralaba yang nilai transaksinya terus meningkat setiap tahun sebesar 10-15%.

Anang menyebutkan nilai transaksi yang terus mengalami pertumbuhan tersebut, maka industri waralaba menjadi pilihan menarik bagi calon investor yang ingin menekuni usaha itu. Agar bisnis waralaba berkembang, pengusaha waralaba disarankan untuk melakukan inovasi berkesinambungan. IFRA 2018 juga akan menghadirkan beberapa progam pendukung, antara lain konferensi dan talkshow akan memberikan wawasan penting bagi para pelaku usaha waralaba, baik mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia waralaba maupun pemain baru. “Kita harus selalu menambah pengetahuan agar bisnis kita berjalan dan berkembang dengan baik. Kegiatan konferensi dan talkshow ini akan sangat berguna dalam menambah wawasan sekaligus belajar dari pengalaman yang dibagikan oleh para pembicara. Kegiatan ini juga bisa menjadi ajang membangun relasi antar sesama pemain industri waralaba,” ujar Anang.

Selain mendorong kegiatan ekonomi lokal, bisnis waralaba diharapkan memanfaatkan teknologi agar pemain di industri waralaba ini bisa menyasar pasar yang lebih luas. Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi pasar bagi pewaralaba internasional tetapi juga menjadi produsen dari waralaba-waralaba lokal untuk melangkah ke dunia internasional.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved