Management Trends zkumparan

Pos Indonesia Berdayakan Mitra Kioson sebagai Agen

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Kioson) menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan Kios-Pos, program kemitraan yang memungkinkan mitra Kioson untuk menyediakan layanan Pos dengan pola Agenpos.

Layanan tersebut antara lain, penjualan produk-produk Pos Indonesia seperti Layanan Jasa Kurir (pengiriman surat- paket), Layanan Jasa Keuangan (Pospay), Penjualan Pranko dan Materai.

Jasin Halim, Direktur Utama Kioson, mengatakan, kerja sama ini dalam upaya mengatasi permsalahan kurangnya jangkauan dan menjembatani underserved market dengan dunia digital. “Melalui mitra Kioson yang lokasinya terdaftar dan bekerja sama dengan Pos Indonesia, masyarakat akan lebih mudah mengirim dan mengambil barang tanpa khawatir salah alamat. Sehingga ini akan dapat memudahkan proses pengiriman. Bagi mitra Kioson, hal ini merupakan peluang bisnis tambahan bagi kiosnya,” ujar Jasin.

Terkait kemitraan ini, PT Pos Indonesia mengemban misi untuk menjadi tulang punggung utama bisnis e-commerce di Indonesia sesuai dengan Paket Kebijakan Jilid 14 tentang e-commerce oleh pemerintah. Charles Sitorus, Direktur Informasi dan Teknologi dan Kepala Proyek Sales, mengatakan, para mitra Kioson akan menjadi bagian dari sistem logistik Pos Indonesia terutama bagi pelanggan e-commerce. Hal ini akan membuat pelanggan e-commerce dari kota lapis kedua menjadi lebih mudah dalam membeli barang.

“Karenanya, penting bagi kami untuk secara selektif memilih mitra yang terpercaya, mempunyai potensi bisnis jangka panjang dan tentunya memberi manfaat bagi masyarakat. Karenanya, kami senang bisa bekerja sama dengan Kioson yang telah memiiki 30 ribu mitra di seluruh Indonesia,” ujar Charles.

Kioson mengunakan dua pendekatan strategis. Pertama, memperluas ruang usaha mitra kios melalui Kios- Pos untuk membantu meningkatkan pendapatan. Kedua, memperkuat infrastruktur logistik lewat kerjasama dengan asset network milik Pos Indonesia.

“Kami meyakini dengan mengedepankan inisiatif untuk memberikan daya ungkit ke usaha mitra kios Kioson, maka secara tidak langsung akan memberikan dampak positif bagi end-user. Kios-Pos memungkinkan masyarakat sekitar bisa mengakses layanan e-commerce dan logistik langsung di kios-kios terdekat di lingkungan rumah mereka. Kombinasi dua inisiatif ini diharapkan bisa memupuk rasa percaya masyarakat akan layanan digital dan e-commerce,” lanjutnya.

Selain memanfaatkan diri sebagai pusat layanan kantor pos dan pusat pengambilan-pengantaran barang e-commerce, para mitra Kioson juga bisa memanfaatkan kantor pos untuk top-up penjualan pulsa. “Selama ini, salah satu yang menghambat bisnis pengusaha kios dalam berjualan pulsa adalah pasokan. Dengan adanya kerja sama ini, bila pedagang kios sudah kehabisan pulsa untuk dijual, mereka bisa langsung mendatangi kantor pos terdekat untuk melakukan top up. Tidak perlu menunggu ada orang yang datang ke kios mereka,” tambah Jasin.

www.swa..co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved