PPM SoM dan Anteraja Adakan Kompetisi Kasus Bisnis Tingkat Nasional

PPM School of Management (PPM SoM) SoM peduli pada kemajuan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada konsep, namun juga berorientasi praktikal. Untuk itu,  lembaga pendidikan ini kembali menggelar PPM Business Case Competition (BCC) secara virtual. Hingga kini, gelaran itu telah terselenggara selama 12 tahun.

“Pada  2021, PPM SoM bekerja sama dengan PT Tri Adi Bersama (Anteraja, anak perusahaan Triputra Group untuk pelaksanaan The 12th PPM Business Case Competition dengan tema “Anteraja: Delivering Happiness Through Seamless Technology”. Total hadiah yang diperebutkan  sekitar Rp36 juta dan  beasiswa S2 di PPM SoM total senilai Rp700 juta,’ ungkap Andri Hidayat, Vice President of Sales Marketing Anteraja.

“Kasus bisnis di PPM BCC merupakan kasus riil yang diangkat dari permasalahan nyata yang dihadapi oleh Anteraja. Judul kasus bisnis yang ditulis dengan gaya penulisan Harvard-style Business Case ditulis oleh tim penulis kasus profesional dari PPM SoM. Penulisan kasus ini dikoordinasikan oleh Research Center and Case Clearing House (RC-CCH), sebuah divisi strategis PPM SoM yang kesehariannya membidani tugas riset dan menggiatkan penulisan kasus bisnis. Kasus yang diciptakan tidak hanya untuk kalangan internal semata, namun untuk kalangan pendidikan lingkup nasional dan regional,” jelas Prof. Bramantyo Djohanputro, MBA., Ph.D., CRMP, CRGP. Ketua Sekolah Tinggi PPM School of Management

Sejauh ini PPM School of Management melalui RC-CCH telah banyak menghasilkan kasus bisnis yang bercita rasa lokal, namun tetap mengacu pada perubahan yang terjadi di dunia bisnis global. Kasus bisnis tersebut selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan ajar, baik dalam ranah pendidikan formal, maupun dalam beragam pelatihan manajemen yang tidak hanya dimanfaatkan oleh PPM SoM namun oleh entitas pendidikan manajemen lainnya, dengan skala nasional hingga internasional.

Dalam ajang ini, mahasiswa Strata 1 (S1) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang mereka serap sepanjang studi untuk berkompetisi dalam hal kualitas analisis, sintesis dan presentasi kasus bisnis yang belum pernah dipublikasikan.

Pesertanya total 221 tim yang berpartisipasi. Masing-masing tim terdiri dari 3 mahasiswa yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi di Indonesia mengikuti The 12th PPM Business Case Competition. Melalui tahap seleksi paper, terpilih 12 tim yang berhak untuk mempresentasikan hasil dalam pemecahan kasus bisnis Anteraja di acara final  yang dilakukan oleh Dewan Juri (29/7/2021) secara virtual.

Sebanyak 12 tim finalis beradu argumen, pandangan, pendapat di hadapan dewan juri dan perwakilan dari Anteraja dan Triputra Group demi mempertahankan ide pemecahan kasus yang telah peserta usung. Sehari sebelum masuk babak business pitching (28/7/2021) peserta diajak untuk berpartisipasi pada info sesi online Anteraja.

Pada sesi online tersebut, para peserta diajak untuk memperdalam pemahaman serta meningkatkan pengetahuan secara langsung mengenai perusahaan Anteraja lebih dalam. Diadakan juga virtual company visit yang sangat seru oleh perusahaan. Setelah melalui penilaian yang panjang dan mendalam, akhirnya para dewan juri yang beranggotakan dari akademisi dan praktisi menobatkan pemenang kompetisi kasus bisnis ini.

● Juara 1 adalah Sunsets Falls Team yang berasal dari Universitas Prasetiya Mulya

● Juara 2 adalah Tim Pasti Menang dari Institusi Teknologi Bandung

● Juara 3 adalah Tim Timi dari Institusi Teknologi Bandung

● Juara 4 adalah CGD Team dari Institusi Teknologi Bandung

“Kompetisi ini BCC sudah dua tahun dilakukan secara virtual. Setiap tahun pelaksanaan, peserta selalu memberikan testimoni yang positif untuk BCC. Hal ini juga merupakan motivasi PPM SoM untuk selalu mengembangkan kegiatan kompetisinya dan berkontribusi kepada dunia pendidikan maupun industri,” jelas Prof Bramantyo.

“Dari lomba-lomba yang pernah kami ikuti, baru kali ini mengikuti lomba yang profesional dari awal pengumpulan paper sampai kelar final. Kami sangat menghargai bagaimana lomba ini menjunjung transparansi. Dan sangat puas sekali, meskipun online tapi semua berjalan dengan lancar tanpa gangguan apapun,” ujar peserta The 11th PPM BCC. Panitia sangat profesional, pelaksanaan company visit juga sudah next level dan seru. PPM BCC memfasilitasi pesertanya dengan sangat baik,” sebut peserta The 12th PPM BC

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)