Marketing Trends

Produk Fesyen dan Rumah Tangga Paling Banyak Dicari di Bukalapak

Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020 untuk memberdayakan UMKM di tengah pandemi, berhasil meningkatkan kunjungan ke platform Bukalapak secara signifikan. Antusiasme masyarakat terlihat di kategori fesyen pria, wanita, dan anak, serta produk rumah tangga sebagai produk yang paling banyak terjual.

Tidak hanya itu, di sisi pelaku UMKM, antusiasme yang tinggi datang dengan tercatatnya lebih dari 40.000 jenis produk yang dipasarkan dan ratusan UMKM baru yang bergabung sejak #BanggaBuatanIndonesia diluncurkan.

Kurnia Rosyada, VP of Merchant Bukalapak mengatakan, di masa pandemi ini terdapat peningkatan cukup signifikan bagi masyarakat untuk berbelanja online. Secara keseluruhan kata dia, pihaknya memperoleh pertumbuhan yang signifikan sekitar 15-20%, meskipun beberapa pedagang mengalami penurunan.

“Kami cukup beruntung menjadi salah satu platform tujuan belanja. Untuk itu penting bagi kami unmelihat peluang ini, dan menggandeng UMKM di Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang yang ada. Melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia, dengan semangat gotong – royong, kita ingin terus menjaga UMKM dan terus mengoptimalkan sumber daya untuk memasarkan produk – produk buatan anak bangsa Indonesia,” ujarnya.

Kurnia melanjutkan, perubahan minat belanja juga terjadi pasca Ramadan dan Lebaran. Jika sebelumnya fesyen pria, esyen anak-anak, beserta kategori makanan seperti kurma, parcel dan kue lebaran merupakan yang paling banyak dicari, memasuki bulan Juni ini Bukalapak mencatat kategori handphone, sepeda, beserta hobi dan koleksi menjadi produk – produk yang paling banyak diminati.

Khusus untuk kategori sepeda, pencarian paling populer pada kategori produk ini adalah sepeda gunung merek Polygon dan MTB. Lalu, pada produk sepeda lipat dengan merek Exotic, Pacific dan United, dan juga produk aksesoris sepeda seperti kacamata google, helm sepeda MTB serta tempat minum.

Kesiapan pengguna dalam menghadapi new normal juga terlihat di pencarian produk Bukalapak. Produk sepatu dengan merek Dr. Kevin, Bata, Homyped, serta perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, sepatu sekolah anak dan jam tangan imoo, menjadi serangkaian produk yang paling banyak dicari.

“Tentunya hal tersebut juga diikuti dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan kesehatan, karena faceshield dan masker kain masih merupakan produk kesehatan dengan minat yang tinggi,” jelas Kurnia.

Melihat adanya kebutuhan yang tinggi dari masyarakat, kata dia, Bukalapak akan selalu bekerjasama dengan mitra – mitranya untuk menjaga ketersediaan produk dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Edìtor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved