Management Trends zkumparan

Program Ekspor Shopee Antarkan Roughneck 1991 ke Pasar Brasil

Sukses mengembangkan bisnis secara digital di dalam negeri, brand lokal Roughneck 1991 memperluas jangkauan pasarnya ke Brasil, Amerika Selatan. Melalui Program Ekspor Shopee, brand yang bergerak di bidang fesyen ini mendukung inisiatif yang dilakukan oleh Shopee untuk memajukan ekonomi negara dan program ekspor pemerintah.

Roughneck 1991 mulai bergabung dengan Program Ekspor Shopee sejak 2021. Saat ini produk-produknya sudah dapat dibeli di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan yang terbaru Brasil. Mayoritas tujuan ekspor untuk produk Roughneck 1991 saat ini adalah Malaysia, di mana produk favorit yang dipesan antara lain hoodie dalam berbagai warna serta jaket.

Rusli Ikhwan, Pendiri Roughneck 1991 mengatakan, ekspor merupakan hal yang sangat diimpikan. Namun hal tersebut sulit dicapai lantaran prosesnya yang cukup sulit seperti administrasi dan perizinan. Kemudahan ekspor yang diberikan oleh Shopee dinilai membawa dampak positif sehingga membuat pelaku usaha lokal lebih bersemangat dalam mempersiapkan produknya.

“Saat akan bergabung dengan Program Ekspor Shopee, kami sadar bahwa ini merupakan peluang besar dan kesempatan yang diberikan oleh Shopee untuk memperluas pasar Roughneck 1991 hingga ke luar negeri. Kami senang sekali saat pertama kali mendengar bahwa terdapat ratusan pesanan dari luar negeri,” katanya.

Ia juga mengaku antusias untuk mempersiapkan produk bagi Brasil, pasar Amerika Selatan. Namun, kata dia, masih banyak yang perlu dipelajari khususnya dari sisi perilaku konsumen dan tren. “Tapi kami yakin produk Roughneck 1991 dapat diterima di Brasil,” ujar Rusli.

Sebagai informasi, Shopee melanjutkan komitmennya dalam mewujudkan 500.000 eksportir baru hingga tahun 2030 dengan meluncurkan destinasi negara terbaru yaitu Brasil, Amerika Selatan.

Lewat program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global”, Shopee telah berhasil mencatatkan peningkatan transaksi harian hingga enam kali lipat sejak diluncurkan pada Juni 2020 hingga Februari 2021. Potensi ini terlihat dari jumlah produk penjual lokal yang mencapai 1,2 juta produk untuk diekspor pada Februari 2021 ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pencapaian Roughneck 1991 untuk memiliki pasar yang kuat dalam negeri serta mendapat antusiasme dari pasar dunia, tidak dimiliki secara instan. Sebelum bergabung dengan Shopee, Roughneck 1991 memiliki penjualan yang kuat di offline.

Potensi tinggi serta berbagai keuntungan yang ditawarkan dari penjualan online membuat Rusli ingin mengembangkan sayap dan memperkuat eksistensi produknya ke ranah digital. Lalu pada 2016 di tengah era digitalisasi yang memiliki banyak tantangan, Roughneck 1991 memutuskan untuk bergabung dengan Shopee.

“Kami melihat potensi yang luar biasa pada penjualan online. Bayangkan kita tidak perlu membayar toko, tetapi traffic yang hadir dan berbelanja bisa mencapai jutaan dalam satu waktu. Mana ada toko offline yang bisa menampung seperti itu,” kata Rusli.

Saat ini, Roughneck 1991 telah dikenal sebagai salah satu brand lokal unggulan di Shopee. Melihat besarnya pasar yang dimiliki Shopee serta kemudahan berbelanja online yang diberikan, Roughneck 1991 mulai memperkuat digital presence guna menjangkau pasar yang lebih luas.

Pada 2021, Roughneck 1991 berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee untuk melebarkan sayap ke pasar dunia. Sebagai brand Indonesia, Roughneck 1991 memiliki tujuan untuk turut serta dalam membangun dan mendukung industri dalam negeri.

“Untuk itu, Roughneck 1991 terus berupaya menjawab kebutuhan pasar dengan menghadirkan rangkaian pilihan produk dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Hal ini dibuktikan melalui rangkaian produk yang nyaman digunakan dan desain yang sangat menarik,” ujar Rusli.

Menurutnya, dengan bergabung di Shopee, Roughneck 1991 merasakan dampak yang signifikan dalam peningkatan penjualan produk serta perubahan dari sisi bisnis. Hal ini terbukti dari pencapaian pada transaksi harian Roughneck 1991 yang telah meningkat 10 kali lipat sejak 2020.

Selain itu, pada setiap kampanye besar yang diikuti Roughneck 1991 seperti 11.11 Big Sale 2020, 12.12 Birthday Sale 2020 dan 4.4 Mega Shopping Day 2021, peningkatan transaksi mencapai lebih dari 10 kali lipat. Pencapaian tersebut menjadikan Roughneck 1991 sebagai salah satu brand lokal unggulan dan berhasil masuk ke dalam top 5 Brand Terlaris kategori fashion pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale tahun dan Shopee 12.12 Birthday Sale tahun 2020 lalu.

Setelah itu dalam kampanye besar awal tahun 2021 yang dihadirkan Shopee yaitu kampanye 4.4 Mega Shopping Day, Roughneck 1991 berhasil menempati urutan kedua sebagai Brand Terlaris dalam kategori Fashion. Pada April 2021, Roughneck 1991 juga turut berpartisipasi dalam kampanye Shopee Local Space Festival dengan menghadirkan kolaborasi eksklusif untuk produk unggulan yaitu RS404 Ultimate Hoodie. Lalu diikuti dengan bergabungnya Roughneck dalam wadah #ShopeePilihLokal.

Rusli berharap perjalanan bisnis Roughneck 1991 dapat menjadi inspirasi dan teladan yang baik bagi para pelaku usaha lokal lain. Menurutnya, sekarang adalah saatnya untuk menggaungkan “local is the new global” sebagai upaya untuk memperkuat pasar lokal dan menyerang pasar global.

“Saya yakin Shopee mampu membawa para pelaku usaha lokal untuk go global. Bagi para pelaku usaha lokal lain yang ingin bergabung dengan Shopee, perkuat brand value menjadi salah satu gerbang untuk terus bisa maju dan berkembang,” kata Rusli.

Rusli juga berharap kerja sama ini dapat membangun sistem distribusi di negara destinasi untuk mempercepat proses pengiriman, dapat memperkuat Program Ekspor Shopee dengan melakukan aktivasi marketing di negara tujuan Program Ekspor.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved