Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN Bersinergi dengan Kampus

Penandatanganan kerja sama mahasiswa magang BUMN antara Bank Mandiri dan UBSI

Lulusan universitas yang memiliki kompetensi cukup baik sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan global di era revolusi industri 4.0. Persiapan ini, tidak hanya tugas dari kampus, tetapi juga dunia usaha dan industri, seperti BUMN. Salah satu upayanya dengan digagas Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

FHCI merupakan forum para pegiat human capital, khususnya di 142 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu kerja sama yang telah dilakukan adalah antara Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Putu Dewi Prasthiani, Senior Vice President Bank Mandiri dengan Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd, Rektor UBSI.

Penandatangan juga disaksikan oleh Tommy Liyanto, Vice President Department Head Talent Acquisition dan Dwi Rahayu, Officer Talent Acquisition dari pihak PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sedangkan dari UBSI, disaksikan oleh Diah Puspitasari, Wakil Rektor Bidang Akademik serta Wakil Rektor Bidang Non Akademik, Suharyanto.

Menurut Dwi, program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yakni BUMN Hadir Untuk Negeri serta meningkatkan lulusan yang siap kerja dan memiliki kompetensi yang cukup dalam menghadapi persaingan global. “Sesuai dalam kesepakatan 10 orang mahasiswa UBSI nantinya akan menjadi peserta magang selama 6 bulan di Bank Mandiri. Selain itu, akan mendapatkan sertifikat kompetensi dan sertifikat industri, sehingga akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul,” tambanya.

Sementara Rektor UBSI, Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd, menjelaskan Bank Mandiri bisa menjadi contoh BUMN-BUMN lain, karena bank itu sebagai perusahaan BUMN besar, tapi bersedia menjalin kerja sama dengan UBSI. “Program magang bersertifikat ini merupakan kesempatan dan peluang yang baik bagi mahasiswa kami untuk belajar langsung dengan tenaga profesional di dunia kerja. Dan UBSI bangga dapat berkolaborasi dengan Bank Mandiri, perusahaan yang terus memberikan kontribusi kepada masyarakat,” kata Wahyudi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)