Prudential Bukukan Dana Kelolaan Rp 73,4 Triliun di 2017

Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia (tengah)

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) membukukan kinerja cemerlang di 2017. Total aset sebesar Rp 81,7 triliun, pendapatan premi Rp 26,8 triliun, serta dana kelolaan  Rp 73,4 triliun.

Dengan kekuatan fundamental keuangan, Prudential Indonesia mampu membayar total klaim asuransi  Rp 12,3 triliun di tahun 2017 atau naik 24% dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun sebelumnya.

Sejalan dengan pertumbuhan total bisnisnya, perusahaan asuransi asal Inggris ini mengklaim, tetap memimpin bisnis asuransi syariah dengan kontribusi  pendapatan kotor Rp 3,4 triliun dan aset sebesar Rp 9,9 triliun di tahun 2017.

“Kinerja keuangan kami yang kuat di tahun 2017 mencerminkan besarnya dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh nasabah serta pemangku kepentingan lainnya. Hal inilah yang memperkokoh posisi kami. Di Indonesia, permintaan nasabah akan produk perlindungan jiwa,  khususnya perlindungan kesehatan dan penyakit kritis masih kuat," jelas Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia di Prudential Center Lantai 15 (05/04/2018).

Jens mengaku,seluruh dana PRUlink menunjukan hasil yang positif tahun lalu dan merupakan salah satu top performer apabila dibandingkan dengan dana-dana saingan di kategorinya masing-masing.

Menurutnya, potensi pasar asuransi di Indonesia masih besar. Indikasinya, kelas menengah diprediksi tumbuh menjadi 140 juta jiwa di tahun 2020. Apalagi,  penetrasi asuransi masih  di bawah 2% dari Produk Domestik Bruto.

“Dengan menempatkan nasabah kami sebagai fokus utama dalam menyusun strategi, Prudential Indonesia akan terus memperkuat kemampuan dalam memenuhi kebutuhan perlindungan keuangan jangka panjang masyarakat dan juga dalam memperkecil kesenjangan perlindungan di Indonesia,” ujarnya.

Prudential Indonesia terus mengembangkan jalur-jalur distribusinya lewat jaringan tenaga pemasar dan bank-bank rekanan untuk menjangkau nasabahnya. Hingga akhir 2017,  perusahaan itu sudah memiliki total tenaga pemasar  lebih dari 277 ribu orang.

Sejumlah inovasi telah dihadirkan tahun lalu, di antaranya PRUmedical network, sebuah jaringan rumah sakit rekanan perusahaan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah Prudential Indonesia dalam mendapatkan perlindungan rawat inap. Beberapa kemudahan dan kenyamanan yang dihadirkan oleh PRUmedical network antara lain lewat jaminan ketersediaan kamar rawat inap tanpa biaya tambahan dan juga penempatan staf khusus Prudential yang hadir untuk membantu proses administrasi nasabah dari sebelum sampai selesai rawat inap. Per bulan Maret 2018, layanan PRUmedical network telah tersedia di 47 rumah sakit di 25 kota di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan digital di Indonesia, Prudential juga terus memperkuat layanan digitalnya dalam melayani nasabah dan para tenaga pemasarnya. Tahun lalu, pengajuan asuransi jiwa oleh calon nasabah secara online melalui aplikasi sudah mencapai 40% dari total pengajuan. Perusahaan juga melengkapi jaringan tenaga pemasarnya yang terbesar di Indonesia dengan PRUforce, sebuah aplikasi digital yang dapat diakses oleh tenaga pemasar Prudential kapan pun dan di mana pun saja. PRUforce membantu tenaga pemasar dalam hal rekrutmen, memonitor pencapaian penjualan, penyediaan informasi tentang polis, produksi, dan informasi relevan lainnya secara mudah lewat pesan yang muncul secara otomatis, atau yang kerap disebut sebagai push notification. Di tahun 2018, PRUforce memberikan peningkatan layanan bagi nasabah dimana mereka bisa melakukan transaksi dan mendapatkan perlindungan dalam hitungan menit di mana pun di Indonesia.

Tahun 2017, perusahaan melakukan sejumlah inisiatif CSR termasuk program-program literasi keuangan untuk anak-anak, pemberian dua mesin Apheresis untuk rumah sakit di Makasar dan Bandung, dan juga bermitra dengan Universitas Indonesia dalam membuka program S1 Aktuaria.

Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia, mengatakan, salah satu prioritas utama di Prudential adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan juga membangun komunitas di wilayah dimana kami beroperasi. “Tahun 2018, kami akan terus memperkuat program CSR  untuk terus meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Contohnya, kami lakukan dengan beberapa mitra dengan  membangun perumahan di Yogyakarta, mengampanyekan keselamatan di pantai di Bali, dan mendukung pengembangan sekolah ramah anak di Papua,” imbuhnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)