Technology Trends zkumparan

QR Code Ovo untuk Jangkauan yang Lebih Luas

Ovo QR code telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi Ovo dan Grab serta memperluas jangkauannya ke 9.000 Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia. Melalui perluasan jangkauan QR code ini, Ovo menjadi satu-satunya platform pembayaran di Indonesia yang diterima di semua jenis bisnis.

Pada akhir 2018, Ovo menargetkan QR code untuk tersedia di 100.000 UKM. Hingga tahun 2017, terdapat hampir 60 juta UKM di Indonesia, yang menyumbang lebih dari 60% PDB negara. Namun, kurang dari 8% dari UKM tersebut yang menggunakan teknologi untuk memasarkan produk mereka. Dengan perluasan jangkauan QR code ini, Ovo membuat teknologi pembayaran yang murah tersedia di seluruh kota-kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang.

“Dengan QR code Ovo, bahkan warung kelontong yang tidak terjangkau pembayaran menggunakan mesin EDC, dapat memanfaatkan teknologi dan menerima pembayaran non-tunai,” ujar Adrian Suherman, Presiden Dirktur Ovo.

Kerja sama dengan Ovo sekaligus sebagai bagian dari strategi Grab untuk menjadi ‘everyday super app’ pertama di Asia Tenggara. Tersedianya QR code di aplikasi Grab akan terus menambahkan layanan yang paling sering digunakan oleh pelanggan di dalam aplikasinya. “Selain menghadirkan lebih banyak layanan kepada pelanggan, kami pun ingin memanfaatkan basis pengguna Grab untuk meningkatkan pendapatan UKM di Indonesia sebagai upaya mendukung target 8 juta UMKM go-online di 2020,” ungkap Ridzki Kramadibrata, Direktur Pengelola Grab Indonesia.

Keberadaan Ovo juga menjadi strategi untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi non-tunai. Dalam enam bulan terakhir, platform ini telah mengumumkan kerja sama dengan Alfamart, Bank Mandiri, Grab, Kudo dan Moka.

Dalam waktu dekat Ovo akan tersedia di 350.000 gerai di 212 kota dan menjadi satu-satunya platform dengan pembayaran yang paling banyak diterima di toko-toko ritel offline, yang menyumbang 96% ekonomi Indonesia. Kini, Ovo telah hadir di 90% mal di Indonesia, termasuk hypermarket, department store , kedai kopi, bioskop, operator parkir dan jaringan rumah sakit terkemuka.

Ovo melalui aplikasi Grab, juga menjadi solusi menikmati layanan digital seperti transportasi dan pemesanan makanan. Minggu lalu, Ovo juga mengumumkan bahwa ketersediaannya di dalam aplikasi Kudo dan 1,4 juta agennya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved