Ragam Inovasi Dulux Untuk Pasar Cat Indonesia

Head of Brand & Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Anastasia Tirtabudi.

Dalam survei IBBA 2017, Dulux mempertahankan posisinya pada kategori cat. Ini tak lepas dari brand awareness yang dibangunnya dengan pendekatan 360 derajat.

Awareness building melalui regular media seperti TV, print, radio dan billboard dilakukan. Peran digital yang sedang naik daun juga dipahami Dulux sebagai platform untuk growing. “Kami juga melakukan investasi cukup banyak untuk presence Dulux di media digital. Social media assets yang dimiliki Dulux antara lain Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube Channel.

Menurut Head of Brand & Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Anastasia Tirtabudi, tujuan membangun brand awareness secara digitalisasi ini agar lebih dekat dengan pelanggan.

“Di social media mereka bisa menyampaikan pendapatnya, memberikan input dan complaint. Sosial media menjadi platform yang sangat common bagi konsumen saat ini,” ungkapnya. Selain itu, Dulux juga aktif melakukan kegiatan brand activation yang tujuannya agar konsumen dapat kontak langsung dan mendapat experience.

Eksposur Dulux melalui media konvensional digarap dengan matang sehingga dapat menyampaikan pesan dari brand. Komunikasi yang digunakan harus break the clutter, yang mudah, simple dan cepat diterima konsumen. “Supaya konsumen tidak susah mendefenisikan pesan kami. Kemudian secara visual & audio juga harus menarik, catchy. Dengan cara ini konsumen lebih mudah menangkap pesan yang kami ingin sampaikan,” ungkap Anastasia.

Tak berhenti disitu saja, dalam menciptakan brand engaging, media sosial sangat berguna karena lebih casual. Melalui platform ini Dulux memosisikan diri sebagai teman bagi konsumen. Diharapkan selain mendapatkan inspirasi, juga dapat berkomunikasi lewat tips dekorasi, furniture, dan manfaat produk. Pendekatan dengan social media dilakukan lebih friendly, santai sehingga konsumen lebih dekat brand tersebut. “Digital marketing telah dibangun Dulux lebih dari 7 tahun dengan menggandeng digital agency,” ujarnya.

Kampanye BTL (Below The Line) dengan tema Let’s Colour Indonesia juga digarap Dulux sebagai salah satu bentuk kontribusi Dulux Akzonobel untuk menciptakan kota yang lebih humanis. “Kami berharap dengan pengecatan menggunakan Dulux, kota jadi lebih berwarna dan lebih nyaman sehingga energinya jadi lebih positif dan lebih menginspirasi,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan Let's Colour Indonesia terkahir bekerja sama dengan Masterpiece dan Institut Seni Indonesia (ISI) dengan tema “Wall of Connection,” Dulux mengecat 50 dinding di Yogyakarta (daerah Pakualaman, Sambilegi dan Sogoman). “Kami bekerja sama dengan mural artis. Kegiatan Let’s Colour Indonesia ini sudah berjalan di 4 kota, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta sejak diluncurkan setahun lalu,” tambahnya.

Loyalitas konsumen terhadap Dulux sangat besar dan ini menstimulus Dulux untuk selalu berinovasi bukan saja dari sisi produk tetapi juga bagaimana inovasi service-nya. Inovasi yang dilakukan dengan adanya Dulux Consultant yang bisa membantu konsumen konsultasi warna saat di toko. Mesin Tinting juga disediakan di toko yang menjual produk Dulux untuk meracik warna sehingga didapat tone yang sesuai dengan selera konsumen.

“Aplikasi Dulux Visualizer diciptakan sejak tahun 2014 yang membantu konsumen dalam melakukan pemilihan warna. Penggunanya telah mencapai lebih dari 400 ribu,” ujarnya. Dulux preview consultant melalui email juga dapat membantu konsumen dalam memilih warna dan desain dari tim dari preview consultant Dulux.

Inovasi produk yang dilansir adalah Dulux Aqua Shield dengan teknologi waterproof yang memberikan perlindungan dua kali lebih baik. Tahun ini Dulux meluncurkan produk baru, Dulux Ambience Colour Motion yang merupakan rangkaian terbaru dari Dulux Ambience Special Efect (DASE).

“DASE adalah inovasi yang sudah kami luncurkan sekitar dua tahun lalu. Seri ini memberkan efek tekstur untuk interior berupa efek tertentu sesuai selera,” ungkap Anastasia. Dalam beberapa bulan ke depan Dulux akan meluncurkan produk terbarunya sesuai tren warna 2018 yaitu Dulux: Colours Future.

 

Reporter: Arie Liliyah

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)