Marketing Trends

Rahasia Medsos KFC Indonesia Terus Tumbuh di Era Digital

Rahasia Medsos KFC Indonesia Terus Tumbuh di Era Digital

Era digital saat ini menuntut mobilisasi setiap orang, termasuk para perusahaan, untuk menjadi serba cepat. Selain meraih lebih banyak konsumen, para perusahaan di era digital ini berlomba untuk menjangkau lebih banyak audiens di media sosial dan terus terhubung dengan mereka. Hal tersebut demi menciptakan citra merek yang kuat.

Dalam hal ini, salah satu perusahaan yang sukses menjangkau audiens terbanyak hingga berhasil menjaga hubungan dengan para audiensnya ialah KFC Indonesia. Akun media sosial (medsos) KFC Indonesia menjadi akun Food and Beverage (F&B) pertama di Indonesia yang meraih 2 juta pengikut. Bahkan, dari polling MediaWave, KFC Indonesia mengungguli para kompetitornya dengan menjadi akun media sosial favorit netizen.

Di balik kesuksesan yang diraih KFC Indonesia, pastinya ada strategi dan rencana yang dipersiapkan secara matang. Kesuksesan ini tak lepas dari peran serta para talenta yang membantu perencanaan dan pemecahan masalah secara kreatif yang tetap berorientasi pada tujuan, untuk membantu perusahaan mencapai efektivitas pemasaran digital.

Mereka adalah Unithree, perusahaan di bidang creative services yang berdiri sejak tahun 2014. Unithree saat ini memiliki tiga unit bisnis. Pertama, Unithree yang bergerak dalam service creative marketing. Kedua, MarcMade yang bergerak dalam service design & experience development, dan terakhir ialah WonderWhy yang bergerak dalam bidang cultural insight analysis.

Co-founder & Managing Director Unithree Daniel Chia mengatakan, “Servis unggulan kami ialah digital & social media marketing dan berbagai sarana pendukungnya seperti cultural research, ads & influencer management, dan design & branding. Dalam servis ini, kami berhasil menciptakan output kreatif yang memiliki dampak langsung dan terukur dalam bentuk pertumbuhan digital aset dan bisnis klien.”

Kombinasi dari strategi komunikasi, creative development, dan media plan yang diintegrasikan dengan insight dari kultur lokal berhasil mendekatkan klien-klien dengan target marketnya masing-masing. Salah satunya adalah beberapa campaign Unithree bersama KFC Indonesia yang berhasil viral di media sosial akibat pendekatan komunikasi yang tepat dan relevan ke audiens Indonesia.

Unithree mulai menangani akun media sosial KFC Indonesia sejak awal Agustus 2018. Saat itu jumlah pengikut Instagram KFC Indonesia hanya 550 ribuan followers. Daniel mengungkapkan bahwa Always Original’ dipilih sebagai brand essence yang memandu strategi mereka dalam mengelola kehadiran digital KFC Indonesia. Diartikan sebagai keaslian dan keunikan yang berasal dari Indonesia.

“Misi kami ialah merasakan dan memahami budaya sekitar, menemukan dan memenuhi cita rasa lokal, serta menjaga jarak dekat dan relevan dengan audiens. Kualitas-kualitas ini telah membantu kami dalam menciptakan taktik eksekusi kekinian yang kami banggakan, yaitu menunggang momentum lokal,” kata Daniel.

Contoh kasusnya ialah ketika pandemi COVID-19 melanda dan memberi dampak negatif pada perekonomian Indonesia, tak terkecuali bisnis-bisnis F&B seperti KFC Indonesia. Saat itu, ada kampanye besar dari suatu brand yang mengajak para konsumen untuk tetap menikmati produk mereka dan turut menyebut produk berbagai brand lainnya demi ribuan karyawan yang juga membutuhkan pertolongan.

Hal tersebut memunculkan simpati yang sangat besar dari para audiens. Berbagai brand langsung beramai-ramai saling mengucapkan terima kasih, dan beberapa di antaranya turut melakukan campaign serupa. Jadi, tantangan yang dihadapi ialah bagaimana mengalihkan diskusi publik dengan campaign yang menawarkan nilai tambah.

“Kami menghadirkan konsep ‘Dukung Bisnis Lokal’ dengan nilai tambah menawarkan ruang promosi secara bebas bagi UMKM lokal Indonesia melalui kolom komentar di akun media sosial KFC, dan 20 brand terfavorit pun ditampilkan atau diberi endorsement melalui Instagram Story KFC Indonesia. Lebih dari 10 ribu bisnis berpartisipasi dan total 4 juta penayangan terkumpul, semuanya dilakukan dengan anggaran 0 Rupiah,” tutur Daniel.

Kemudian, ketika hebohnya kolaborasi suatu brand kompetitor dengan boygroup populer asal Korea Selatan, KFC Indonesia tetap bisa memanfaatkan euforia tersebut secara halus. Dari surat cinta yang menyentuh serta beberapa tweet yang memancing engagement, KFC Indonesia berhasil mengalihkan perhatian publik kembali hingga memperoleh lebih dari 80 ribu kunjungan profil harian di Instagram.

Berhasil meraih lebih dari 2 juta pengikut di tahun 2022, menjadikan Instagram KFC Indonesia sebagai akun industri F&B yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di Indonesia. Melampaui para kompetitor mereka, baik dalam hal jumlah maupun tingkat pertumbuhan pengikut. “Pencapaian ini semakin mendorong dan memotivasi kami untuk terus membantu perusahaan dalam melakukan pembaharuan digital marketing,” Daniel menegaskan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved