Management Trends

Raih Pendanaan Seri B, Dailybox Group Perluas Jaringan di Kota Tier 2 dan 3

Raih Pendanaan Seri B, Dailybox Group Perluas Jaringan di Kota Tier 2 dan 3

Jaringan restoran multibrand berbasis teknologi, Dailybox Group meraih pendanaan Seri B senilai US$24 juta atau setara dengan Rp355 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh Northstar Group dan Vertex Growth, dengan dukungan dari Vertex Ventures Southeast Asia and India (VVSEAI) dan Kinesys Group selaku existing investor.

Kelvin Subowo, Co-founder Dailybox Group mengatakan, dana tersebut akan dialokasikan untuk memperluas jaringan gerai nasional, meningkatkan inovasi teknologi dan menambahkan sejumlah brand dengan ragam kuliner baru.

“Dailybox Group didirikan dengan satu tujuan, yaitu ingin mendisrupsi industri F&B di Indonesia lewat berbagai hidangan makanan rumahan yang praktis dan berkualitas. Dengan suntikan dana ini, kami akan terus berinovasi dan membangun momentum pertumbuhan di kota-kota tier dua dan tiga,” ujarnya dalam keterangan resmi, (21/06/2022).

Rencana ekspansi strategis di kota-kota non-metropolitan, kata Kelvin, akan menciptakan banyak lapangan kerja guna mendukung ekonomi lokal sekaligus memperkuat keberadaan Dailybox di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Dailybox Group telah beroperasi di 20 kota dengan lebih dari 150 titik.

Kelvin mengungkapkan, sejak tahap seed funding hingga saat ini, pendapatan Dailybox Group telah tumbuh lebih dari 16x lipat. Adapun selama pandemi, Dailybox Group mencatat peningkatan transaksi lebih dari 100x lipat. “Hal ini didorong oleh kemunculan platform pengiriman makanan dan perubahan perilaku konsumen – dari yang kerap mengunjungi restoran dan makan di tempat menjadi mengandalkan jasa pengiriman makanan online,” jelas Kelvin.

Kelvin dan timnya pun diharapkan Wong Chee-Yann, Chief Investment Officer Northstar Group, dapat bekerja sama secara erat untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Sementara itu, Chua Joo Hock, Managing Partner, VVSEAI menilai, Dailybox Group adalah startup yang berhasil menyeimbangkan pertumbuhan dan profitabilitas. Perusahaan yang semula memiliki satu brand dan jumlah gerai yang terbatas ini telah sukses menaikkan omzet hingga empat kali lipat dan bertransformasi menjadi platform kolaborasi di tengah pandemi.

“Mereka dinamis dan terus berinovasi – dua hal penting yang membuat Dailybox Group menjadi salah satu pemain tangguh di industri F&B. VVSEAI senang dapat terus mendukung tim ini dengan pengetahuan dan jaringan kami di sektor ini,” katanya.

Saat ini Dailybox Group memiliki tiga brand, di antaranya Dailybox (brand rice box yang menawarkan sajian comfort food dan telah tersertifikasi Halal oleh LLPOM MUI dan BPJPH), Shirato (perpaduan Sushi-Burrito) dan Breadlife (brand toko roti).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved