Trends Economic Issues zkumparan

Rangkaian Kegiatan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai Dimulai

Rangkaian Kegiatan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai Dimulai
Paviliun Indonesia kali ini membawa konsep Indonesia Emas 2045

Pemerintah Indonesia resmi menandai keikutsertaannya dalam rangkaian kegiata Expo 2020 Dubai, melalui ground breaking Paviliun Indonesia (9/9/2019) oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Kegiatan yang dihadiri Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI sekaligus Komisaris Jendral Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Dody Edward, ini juga merupakan wujud kerja sama antar kementerian, lembaga, BUMN dan pihak swasta dalam partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai. “Kita berada di lokasi strategis karena berada di jalur utama dan berada tepat di distrik peluang (opportunity district),” ujar Dody.

Menurut Triawan, Paviliun Indonesia kali ini membawa konsep Indonesia Emas 2045. Di sana akan menawarkan berbagai peluang yang menarik dan beragam untuk bekerja sama, mengeksplorasi, serta berinvestasi sebagai mitra global. Paviliun Indonesia akan dibangun di atas lahan seluas 1.860 meter persegi di Expo Site Dubai.

Rangkaian kegiatan di Paviliun Indonesia akan diisi dengan berbagai program selama 173 hari yang meliputi; budaya, bisnis, investasi dan pariwisata. Sajian acara tersebut merupakan penjabaran konsep Indonesia Emas 2045 dan tema paviliun “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity”. Paviliun Indonesia sendiri mendapat tempat yang strategis di Expo 2020 Dubai ini.

“Kami akan mengembangkan konsep Pavilion Indonesia dengan cara kreatif. Ibaratnya ini pesta rakyat dunia. Kami akan menyajikan semua edukasi dan informasi tentang Indonesia Emas 2045, dalam kemasan yang entertaining, interaktif dan futuristik,” ujar Hariman T Zagloel, President Director PT Samudra Dyan Praga (SDP), yang merupakan entitas anak PT Dyandra Media International Tbk.

Pemerintah memperkirakan keikutsertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai ini akan memerlukan biaya hingga Rp 400 miliar. Untuk itu, selain dana berasal dari pemerintah, pihak swasta digandeng untuk berkontribusi menjadi sponsor dalam kebutuhan pendanaan Expo 2020 Dubai. Sejauh ini, perusahaan swasta yang telah menjadi sponsor antara lain PT Astra International Tbk, PT Gajah Tunggal Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.Ground breaking Paviliun Indonesia juga dihadiri Direktur Eksekutif Expo 2020 Dubai, Najeeb Mohammed Al-Ali didampingi Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis; Konsulat Jenderal RI di Dubai, Ridwan Hassan.

Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai selain meningkatkan perdagangan diharapkan sekaligus mendorong pariwisata Indonesia dan investasi dari kawasan Timur Tengah. “Untuk menyukseskan perlu ada kerja sama aktif seluruh sektor, baik antar instansi pemerintah maupun pihak swasta. Kita akan menampilkan Indonesia di masa mendatang yang diilhami pemikiran-pemikiran yang berdasarkan kekuatan kita, keragaman kita, keunikan kita dan lain-lain,” kata Dody.

Paviliun Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai adalah paviliun yang didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif tradisional dari seluruh suku-suku di Indonesia. Diharapkan paviliun ini akan menjadi wajah Indonesia yang mantap menyongsong masa depan dengan berfondasikan inovasi-inovasi anak bangsa, beyond technology dan tetap selaras dengan berbagai “local wisdom” bangsa Indonesia.

Lokasi Paviliun Indonesia menempati area seluas 1860 m2 dengan luas bangunan sebesar lebih dari 2500 m2 . Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini akan terdiri dari 3 lantai dimana pada tiap lantai akan memiliki cerita yang berbeda-beda tapi saling terkait dan berkelanjutan. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara entertaining, interaktif dan futuristik.

Lantai 1 yang bertema “To Build World Anew” akan menampilkan sedikit sejarah bangsa Indonesia yang dilanjutkan dengan segala perkembangan dan potensi Indonesia yang luar biasa saat ini. Penyajian berbagai konsep masa depan juga akan mendominasi di area ini. Semua cerita akan disusun secara apik dalam kemasan “Connecting Yesterday – Today & Tomorrow”.

Lantai 2 akan menampilkan berbagai inovasi anak bangsa dan juga Konsep Indonesia Emas 2045 sebagai perwujudan kesiapan bangsa Indonesia untuk bersama-sama menggapai masa depan yang lebih baik. Tema di lantai ini adalah “Celebrating you, me together we transform the future”

Di akhir acara, pengunjung akan disajikan suasana “Night Market” yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan dan kehangatan khas masyarakat Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved