Realisasikan 17 Tujuan SDGs, Mandiri Syariah Terapkan Sustainable Finance

Bank Syariah Mandiri saat menerima penghargaan Sustainable Finance Strategi 2019 di Oman.

Di ajang 5th Islamic Retail Banking Awards 2019 yang diselenggarakan di Muscat, Oman, pada 04 November 2019 lalu, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meraih 3 penghargaan internasional salah satunya Sustainable Finance Strategy 2019.

Pada prinsipnya keuangan berkelanjutan atau sustainable finance adalah bagaimana kontribusi industri jasa keuangan terhadap pembangunan berkelanjutan, dengan tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata (profit), tetapi juga terhadap masyarakat (people) dan lingkungan (planet).

Hal ini merujuk pada POJK No 51 tahun 2017, di mana bank harus mengimplementasikan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan di dalam operasional dan bisnisnya. Sejak 2018, Mandiri Syariah sudah memiliki departemen yang fokus sebagai koordinator terhadap implementasi keuangan berkelanjutan secara bank-wide.

"Implementasi ini adalah kontribusi bank kami untuk merealisasikan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang telah disepakati bersama dan tetap memperhatikan triple bottom line atau 3Ps yaitu people, planet and profit," ujar Ahmad Reza, Group Head Corporate Secretary Mandiri Syariah, (15/11/2019).

Mandiri Syariah saat ini telah melakukan beberapa hal terkait dengan implementasi keuangan berkelanjutan. Dari sisi kelembagaan dan tata kelola, bank ini telah membentuk unit kerja setingkat departemen yang berfungsi menjadi koordinator implementasi keuangan berkelanjutan. Selain itu, beberapa SOP telah disesuaikan agar selaras dengan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.

Dari sisi pengembangan kapasitas sumber daya manusia, Mandiri Syariah juga telah melakukan sosialisasi intensif tentang keuangan berkelanjutan, mulai dari top level manajemen hingga middle management, walaupun masih terbatas di kantor pusat.

Sementara dari sisi tanggung jawab sosial, Mandiri Syariah telah memulai sustainable program yaitu berupa pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan melalui program Islamic Sociopreneur Development Program, di bidang ekonomi melalui program Desa berdaya sejahtera mandiri, dan kesehatan melalui program layanan mobil ambulan medis dan jenazah.

Selain itu, pembangunan tempat ibadah juga telah dilakukan diantaranya yaitu pembangunan mushola di Gunung Bromo, masjid di Gunung Merapi, Baduy, dan di rest area km 166 tol Cipali.

Menurut Reza, ke depan pihaknya akan mengembangkan lebih banyak lagi program-program keuangan berkelanjutan, diantaranya adalah pengembangan produk, jasa dan layanan bank yang ramah lingkungan, sosialisasi menyeluruh kepada semua stakeholder tentang pentingnya penerapan keuangan berkelanjutan, penyempurnaan SOP secara terus menerus agar selaras dengan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan, serta terus mengembangkan program-program sosial yang berdampak kepada peningkatan kualitas pendidikan, ekonomi, dan kesehatan umat.

Reza pun berharap, keuangan berkelanjutan ini akan menjadi filosofi Mandiri Syariah dalam menjalankan bisnis dan tata kelola perusahaan, serta pengembangan sumber daya manusia internal dan eksternal.

"Harapan kami dengan implementasi keuangan berkelanjutan ini adalah agar bisnis BSM terus berkembang secara berkelanjutan, dengan semangat bersinergi untuk tumbuh bersama, baik stakeholder internal maupun eksternal BSM," katanya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)