Business Research Trends

Riset Nielsen IQ: Produk Perawatan Tubuh dan Rias Wajah Tumbuh 7%

Outlet Wardah

Industri FMCG di Indonesia telah mengalami penurunan yang stabil pada tahun 2020. Meningkatnya kasus Covid-19, pembatasan mobilitas yang lama, dan kepercayaan konsumen yang rendah telah berkontribusi pada hal ini. Segmen kecantikan dan riasan mengalami penurunan tajam pada bulan April – 20 Mei, dan telah pulih setelah tanggal 20 Juni, sesuai dengan NielsenIQ Indonesia Beauty Report.

Pergerakan positif ini dikaitkan dengan dimulainya kembali aktivitas normal di bawah protokol kesehatan yang direkomendasikan. Pertumbuhan pemulihan diamati sejak 20 Juni pasca penetapan PSBB yang lebih ketat (pertengahan Maret 20 – pertengahan Mei 20). Namun, meski sudah pulih, kategori Perawatan Pribadi secara keseluruhan belum kembali ke tingkat normal.

Kategori seperti advanced cleansers (pembersih wajah) (+24% pertumbuhan vs. total pembersih wajah); Advanced moisturizer (pelembab wajah) (+22% vs. total pelembab) dan Advanced body lotion (pertumbuhan +17% vs. losion tubuh total) berkembang pesat. Produk kecantikan lainnya seperti masker wajah, lipstik tanpa bernoda, dan makeup untuk mata telah mengalami peningkatan yang stabil karena semakin banyak konsumen yang bekerja dari rumah dan mengikuti norma baru dalam memakai masker.

Fairina Masud, Director Retail Intelligence NielsenIQ mengatakan, “Kami melihat gelombang baru pelanggan tumbuh & mencari pengembangan produk baru dan diluncurkan dalam kategori kecantikan. Penetapan harga produk adalah tren baru di beberapa kategori Perawatan Pribadi, seperti Serum, Micellar Water, Vitamin Rambut, dan lainnya. Dengan perubahan normal baru, produsen mungkin perlu fokus pada inovasi produk dan tren yang akan datang agar tetap kompetitif di kondisi pasar yang menantang”.

Dengan pemulihan positif di segmen Kecantikan dan Riasan, laporan NielsenIQ Indonesia Beauty telah mengidentifikasi sekumpulan konsumen baru yang bermunculan di Indonesia.

1. Affluent consumers – Konsumen yang bersedia membelanjakan lebih banyak untuk produk dan selalu mencari produk baru dan canggih, yang sebagian besar berasal dari rumah tangga dengan status sosial ekonomi kelas atas. Segmen ini telah mendorong pertumbuhan produk-produk canggih seperti serum / essence, micellar, BB cream.2. Cautious consumers – yang berfokus pada kebutuhan sebagai prioritas, dan dapat berkompromi pada kategori produk sekunder atau tersier.3. Price sensitive consumers – Konsumen yang terkendala dan mencari promosi, terutama pada kategori Dasar / Komoditas.4. Practical consumers – Konsumen yang fokus pada makeup dasar, suka memakai makeup yang ringan.

Pergeseran konsumen ini dipicu oleh beberapa faktor, seperti kondisi ekonomi yang tidak pasti, mobilitas yang lebih rendah (karena WFH, pembatasan, dan sebagainya), persyaratan protokol kesehatan (yaitu penguatan masker kesehatan, sanitasi). Perubahan ini akan memengaruhi pemulihan tren normal baru.

Peluncuran produk baru di segmen kecantikan telah mendongkrak penjualan terutama selama masa transisi pemulihan PSSB. Peluncuran produk terbaru ini telah berkontribusi 20% dari total segmen perawatan pribadi, peluncuran produk baru ini mendorong pertumbuhan pemulihan 2% dari total 7% dalam kategori kecantikan dan 6% pemulihan dalam kategori riasan.

Pembatasan mobilitas dan norma kesehatan baru juga mengubah lanskap kanal perdagangan. Dengan semakin banyaknya konsumen yang tinggal di rumah, minimarket di sekitar kawasan hunian berkontribusi terhadap pertumbuhan di segmen ini. Minimarket telah membukukan pertumbuhan pemulihan sebesar +13% pada segmen Kecantikan & Riasan (dibandingkan dengan total pertumbuhan keseluruhan Kecantikan & Riasan sebesar 6%). “Ke deoan, kami terus melihat pertumbuhan dua digit untuk e-commerce di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved