Marketing Trends zkumparan

Samsung.com Mudahkan Konsumen Belanja Online

Samsung.com Mudahkan Konsumen Belanja Online
(kiri) Sintara Nyotowijoyo, Online Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia; Elvira Jakub, Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia (ke-2 dr kiri)

Hasil riset PricewaterhouseCoopers (PwC) mengenai Perilaku Konsumen dan Layanan E-commerce di Indonesia menunjukkan, sekitar 36% konsumen Indonesia membeli produk secara online setiap bulannya dengan rata-rata pertumbuhan transaksi mencapai 21% per tahun.

Sebesar 41% di antaranya menghabiskan waktu mereka di platform belanja online untuk membeli barang-barang elektronik atau teknologi dan gadget. Tren ini menjadi dasar Samsung Electronics Indonesia untuk menghadirkan Samsung.com, sebuah platform belanja online gadget dan elektronik yang telah diluncurkan sejak 9 Januari 2019.

Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Elvira Jakub mengungkapkan, Samsung.com Shop hadir untuk menginspirasi konsumen sesuai kebutuhan mereka dengan memaksimalkan produk dalam kehidupan sehari-hari.

“Samsung memahami bahwa konsumen Indonesia sudah fasih berbelanja secara online, tidak terkecuali dalam membeli perangkat gadget seperti ponsel serta barang elektronik lainnya. Samsung.com Shop hadir dengan berbagai konten yang dapat menginspirasi konsumen dalam memilih produk yang sedang mereka butuhkan dan membantu mereka memanfaatkan produk Samsung secara maksimal,” katanya.

Lebih lanjut Elvira menyampaikan, di tahun 2018 lebih dari 60 juta unique visitor mengakses Samsung.com, dengan pertumbuhan mencapai 12% per tahun. Kemudian, 85% visitor diklaim akan kembali mengunjungi Samsung.com dalam kurun waktu satu bulan. Pengunjungnya pun didominasi oleh masyarakat Jakarta sekitar 50%, kota-kota lain di Pulau Jawa sekitar 33%, dan luar Pulau Jawa sebesar 17%.

Online Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Sintara Nyotowijoyo menuturkan, “Potensi dari market sendiri masih begitu besar, kalau dilihat tahun 2016 total market di kisaran US$8,62 Miliar, dan diestimasi pertumbuhan di 2022 nanti mencapai US$14,4 Miliar atau 67%. Kita bisa harapkan dari ranah ini dan kita terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujarnya.

Sintara menambahkan, Samsung.com menawarkan berbagai fitur yang diperlukan dalam berbelanja online yang mencakup sistem pembayaran, pengiriman barang, asuransi, dan sistem tracking produk setelah pembelian. Khusus pembelian Samsung mobile, pengiriman tidak dikenakan biaya ke seluruh Indonesia.

“Kami menawarkan kemudahan pembayaran dengan berbagai bank di Indonesia, free delivery dengan menjangkau seluruh Indonesia, accidental damage yakni ketika device jatuh, layarnya pecah, itu semua akan di-cover di luar garansi resmi yang diberikan Samsung. Samsung Insurance ini berlaku selama 1 tahun. Selain itu, konsumen juga bisa men-tracking status pesanannya sudah sampai mana,” tuturnya.

Saat ini Samsung.com baru melengkapi halamannya dengan smartphone dan aksesori. Dalam waktu dekat Samsung.com berencana melengkapinya dengan keseluruhan produk Samsung yakni produk-produk wearables, accessories, consumer electronics, serta home appliances .

Ke depannya, Samsung.com Shop pun akan memiliki halaman khusus yang menyediakan review lebih mendalam dari berbagai sumber hingga tips dan trik yang akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai. Untuk awal akan dimulai dengan halaman traveling, cooking, sports dan entertainment seperti musik dan games.

“Kami tidak hanya ingin memberikan kemudahan untuk konsumen, tetapi kami ingin memberikan pengalaman lebih untuk konsumen terutama ketika sedang dalam masa pencarian dengan memberikan banyak tips-tips dari para reviewer mengenai spek ataupun gaya hidup konsumen Indonesia saat ini. Kami harapkan konsumen lebih tahu dan lebih detail mengenai barang apa yang paling dibutuhkan oleh mereka,” ujar Sintara.

Sementara penjualan smartphone Samsung tahun 2018 melalui online tumbuh signifikan sebesar 62% dibandingkan tahun 2017, dengan market share online sebesar 60,2% pada November 2018. Untuk peluncuran pertama, Samsung pun telah memanjakan konsumen Indonesia dengan berbagai promo, yaitu untuk pembelian Galaxy A7 memori 128 GB mendapatkan bluetooth headset Samsung Level U Pro dan untuk bulan Januari Samsung.com Shop akan memberikan promo Pay Day mulai tanggal 25 Januari dengan berbagai penawaran menarik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved