Sankalp Forum & Aavishkaar Berikan Pendanaan Wirausaha Indonesia

Sankalp Forum, sebuah platform untuk kewirausahaan sosial dan investasi akan menggelar Summit ketiganya di Jakarta, 19-20 September 2017 di Hotel Bidakara. Sankalp SEA Summit telah menjembatani wirausahawan sosial dengan investor untuk menciptakan dampak lebih lanjut di Asia Tenggara. Di gelaran yang akan dihelat September nanti, Aavishkaar sebagai mitra utama pendanaan Sankalp melalui Aavishkaar Frontier Fund tengah mencari wirausaha sosial yang berpotensi di Asia Tenggara, terutama dari Indonesia.

Memfokuskan diri pada start-up, Forum Sankalp telah berinvestasi di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Manajer Investasi Senior Aavishkaar untuk Indonesia, Adi Sudewa,menambahkan, pertumbuhan jumlah co-working di Indonesia merupakan indikator meningkatnya jumlah start-up. “Menyadari potensi ini, yang juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah, membuat Aavishkaar menyadari bahwa Indonesia sebagai negara yang stabil untuk diinvestasikan," tambahnya.

Investasi pertama yang dilakukan oleh Aavishkaar adalah perusahaan sosial yang berfokus pada penyediaan pasar bagi nelayan lokal bernama North Atlantic, Inc. Tahun 2016 lalu, Sankalp Forum memamerkan 10 inovasi potensial yang tinggi dari kawasan Asia Tenggara dan 3 Inovator teratas terpilih sebagai pemenang Sankalp Award termasuk Kecipir dari Indonesia. Kecipir adalah perusahaan yang melakukan produksi sayuran untuk membuat harga makanan organik terjangkau. Melalui investasi yang diberikan Aavishkaar, Kecipir dapat membuka lebih banyak akses ke pasar untuk produsen sayuran organik dan menempatkan produknya di beberapa supermarket kelas atas.

Bintang Sejahtera juga merupakan pemenang Sankalp Award 2015 yang bergerak di bidang pengelolaan limbah. Berton-ton limbah yang diproduksi Indonesia setiap harinya diselesaikan dengan solusi karya Bintang Sejahtera dengan mengelolanya untuk pembangunan ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan di sekitar di Lombok. Di Sankalp SEA Summit 2015, Bintang Sejahtera berhak memenangkan dana sebesar US $ 10.000 disertai bantuan networking dan peningkatan kapasitasnya.

Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah Sankalp SEA Summit dalam kaitannya dengan budaya kewirausahaan yang kuat dengan begitu banyak pengusaha sukses. Banyaknya masyarakat Indonesia yang berkeinginan untuk tidak hanya semata-mata membangun bisnis, tetapi juga membuat perbedaan melalui operasi bisnis tersebut. “Seiring bertambahnya jumlah wirausaha sosial, kehadiran investor sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas bisnis mereka. Kami percaya dengan tindakan yang tepat yaitu mendanai, kita akan mampu mengembangkan peran wirausahawan sosial di Indonesia," ungkap EN Venkat, partner di Aavishkaar.

Sankalp Forum dimulai di India tahun 2009 dan kini telah berkembang di Afrika Timur sejak 2013. Pendekatan berskala internasional, forum ini menjadi platform terkemuka untuk kewirausahaan dan investasi sektor yang berdampak di Asia dan Afrika. Sankalp SEA Summit didukung oleh organisasi internasional termasuk USAID, DFAT (Australia), Global Innovation Fund (Inggris), SMESCO Indonesia, ASEAN Foundation serta organisasi regional dan lokal lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)