Marketing Trends

Semarak Kampanye Warna Warni Produk F&B Uni Eropa di Pasar Indonesia

Semarak Kampanye Warna Warni Produk F&B Uni Eropa di Pasar Indonesia

Uni Eropa menyelenggarakan partnership event sebagai bagian dari program kampanye ‘Warna Warni Eropa. Cita Rasa Unggulan’ di Indonesia. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada mitra dagang dan media atas dukungan mereka dalam mempromosikan produk food and beverage/ F&B atau makanan dan minuman Uni Eropa di Indonesia. Juga, untuk mencari kolaborasi lebih lanjut dan dukungan berkelanjutan jaringan bisnis makanan dan minuman demi memperkuat kehadiran produk-produk Uni Eropa di pasar Indonesia.

Sejak peluncuran program kampanye ‘Warna Warni Eropa Cita Rasa Unggulan’ di Indonesia pada Agustus 2021 lalu, Uni Eropa telah berkolaborasi dengan mitra bisnis F&B untuk menghadirkan produk-produk makanan dan minuman Uni Eropa melalui perjalanan kuliner nan lezat dan juga melalui perjalanan budaya dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan hubungan masyarakat dan media sosial, sekaligus promosi konsumen dan aktivasi ritel.

Partnership event dilaksanakan di The Westin Jakarta dan dihadiri 70 perwakilan dari industri makanan dan minuman di Indonesia, termasuk importir dan distributor makanan/minuman Uni Eropa di Indonesia, pengecer, chef-entrepreneur, asosiasi industri, serta perwakilan dari negara anggota Uni Eropa di Indonesia.

Duta Besar Uni Eropa dan Brunei Darussalam untuk Indonesia Vincent Piket menjadikan acara ini sebagai kesempatan untuk berterima kasih kepada mitra dagang, serta sektor ritel, sektor hotel, restoran, kafe, serta asosiasi industri untuk dukungan yang berkelanjutan dalam mempromosikan produk-produk makanan dan minuman Uni Eropa yang berkualitas tinggi kepada konsumen dan bisnis Indonesia.

Dubes Vincent Piket menyampaikan sambutannya tentang strategi ‘Dari Pertanian Hingga ke Penyajian’. “Sebagai salah satu aksi utama di bawah kebijakan European Green Deal, strategi ‘Dari Pertanian Hingga ke Penyajian’ berusaha untuk mengatasi tantangan sistem pangan berkelanjutan secara komprehensif. Strategi baru ini mendorong produksi dan pemrosesan makanan yang lebih hijau, pola makan yang lebih berkelanjutan dengan limbah makanan yang lebih sedikit, membangun rantai makanan yang bekerja tak hanya untuk konsumen dan produsen, tetapi juga untuk iklim dan lingkungan,” jelasnya.

Uni Eropa terus memperdalam hubungan positif dan bekerja sama dengan pihak-pihak berwenang di Indonesia untuk memungkinkan bisnis dan konsumen lokal mendapatkan akses yang lebih luas ke pasokan produk-produk makanan dan minuman yang beragam, aman, dan kualitas tinggi dari negara-negara anggota Uni Eropa. Pihak Uni Eropa juga telah menetapkan tujuan jangka pendeknya untuk meningkatkan ekspor di Indonesia terutama untuk produk daging dan produk olahan susu.

“Konsumen dapat menikmati produk Uni Eropa dengan nyaman berkat pengawasan kualitas tinggi dan standar sertifikasi, serta ketertelusuran ‘Dari Pertanian Hingga ke Penyajian’ untuk memastikan produk-produk daging Uni Eropa berkualitas dan aman. Sementara itu, para produsen memadukan teknik produki tradisional dengan praktik inovatif pada produk olahan susu Uni Eropa yang membawa kesegaran dan keamanan untuk produk olahan susu mereka. Kami berharap dalam tiga tahun ke depan, akan lebih banyak produk daging dan olahan susu dari Uni Eropa yang tersedia di pasar Indonesia untuk memungkinkan konsumen menikmati produk-produk berkualitas dari Uni Eropa yang lebih banyak lagi,” jelas Dubes Vincent Piket.

Roy Nicholas Mandey, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) membagikan beberapa insight terkait peluang dari produk-produk makanan dan minuman UE di Indonesia. “Sebagai aktor utama yang memperkenalkan dan menyoroti makanan dan bahan-bahan makanan Eropa kepada konsumen, sektor bisnis ritel telah melihat adanya peningkatan dari pemintaan produk-produk Uni Eropa selama beberapa tahun terakhir. Produk olahan susu, minyak zaitun, dan anggur terkenal mereka telah menjadi permintaan teratas. Tentu saja, ini akan menjadi peluang yang sangat baik untuk memperkuat kehadiran mereka di Indonesia,” ungkap Roy.

Untuk memperkuat kehadirannya, Uni Eropa berupaya untuk memperluas dan meningkatkan keragaman penawaran produk-produk makanannya di Indonesia dengan memperkenalkan produk-produk kualitas tinggi terbaik di pasar untuk kepentingan konsumen dan bisnis.

Program kampanye ‘Warna Warni Eropa. Cita Rasa Unggulan’ akan mengadakan Promosi Ritel dari tanggal 2 hingga 15 Juni 2022 di Hero Supermarket Terogong. Untuk setiap pembelian produk-produk Uni Eropa, konsumen berhak untuk bermain Wheel of Fortune yang berlokasi di toko tersebut dan berkesempatan untuk mendapatkan ragam produk-produk makanan UE dan reusable shopping bag.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved