Semua Bisa jadi Kreator Konten

(kir-kanan): Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia; Rade Tampubolon, Co-Founder & CEO, SociaBuzz; dan Ogut Mudacumasekali, Content Creator, pada acara Samsung Galaxy Creator Workshop: Semua Bisa Jadi Content Creator 

Menjadi kreator konten kini tidak harus memiliki dukungan perangkat canggih. Bahkan dengan ponsel pintar kelas menengah saja, seseorang bisa membuat konten yang viral dan menginspirasi banyak orang. Hal ini dibuktikan oleh Ogut Mudacumasekali, seorang kreator konten.

Ogut mengatakan bahwa ketika awal ia membuat konten, waktu itu sangat dipersiapkan, dengan jenis konten perjalanan wisata. Ia sampai meminjam kamera yang advance agar bisa mendapatkan gambar terbaik. Namun ternyata, viewer di kanal Youtube-nya tidak terlalu bagus.

"Malahan, ketika saya membuat konten tentang rekrutmen SDM yang dilakukan calon istri saya waktu itu, justru viral, ditonton sampai 1,2 juta. Padahal di konten tersebut, saya menggunakan perangkat sederhana, penampilan saya pun biasa, hanya kaos saja. Jadi konten yang baguslah yang menjadi kuncinya, pilih yang memang pasar sedang butuhkan untuk mengetahuinya," ujar pria dengan nama asli Aldio Pramudya saat berbagai pengetahuannya dalam acara Galaxy Creator Workshop, Semua Bisa Jadi Content Creator #WithGalaxy (19/10/2020).

Menurut lulusan S2 Master Business Administration ITB ini, untuk memulai sebagai seorang kreator konten, sekarang generasi muda tidak perlu bermodalkan perangkat yang banyak dan mahal. "Yang pertama adalah audience, kuatkan permasalahan audienceagar konten tepat sasaran. Yang kedua adalah algoritma, ikuti tren yang ada, pahami penggunaan sosial media, dan selalu adaptif. Yang ketiga easy tools, gunakan alat yang mudah dioperasikan dari mulai perangkat dan aplikasinya, seperti Samsung Galaxy A01 Core|A01|A11. Yang terakhir adalah A/B testing, yaitu konsisten bereksperimen dan terapkan: create, evaluate, revise, repeat," ujar pria yang pernah bekerja di perusahaan konsultan manajemen multinasional ini.

Rade Tampubolon, CEO & Co-founder SociaBuzz mengungkapkan, terjadi peningkatan rata-rata pendaftaran content creator di platform SociaBuzz setelah pandemi meski SociaBuzz tidak melakukan promosi apapun (dari 2.552 user baru per-bulan sebelum pandemi, menjadi 7.730 user baru per-bulan setelah pandemi).

“Perkembangan teknologi berperan besar terhadap adanya fenomena ini. Dengan semakin banyaknya ragam media sosial yang dapat digunakan untuk membangun audience, semakin canggih dan terjangkau perangkat yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam membuat konten dan karya, serta semakin banyak platform yang tersedia untuk menghasilkan uang seperti YouTube Adsense dan creator marketplaceseperti SociaBuzz,” kata Rade.  

Untuk itulah Galaxy Creator Workshop digelar, yaitu bertujuan memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk tidak perlu khawatir dan jangan takut untuk memulai dan menuangkan ide untuk membuat konten yang awesome dengan Samsung Galaxy A series, sehingga dapat mewujudkan keinginannya menjadi seorang konten kreator. Pengguna smartphone Samsung Galaxy A series dapat bergabung dalam GCW dengan mendaftar melalui aplikasi Samsung Member, sebuah aplikasi untuk para pengguna smartphone Samsung Galaxy dan produk Samsung lainnya. 

Galaxy Creator Workshop akan diadakan dalam 3 sesi melalui aplikasi Samsung Member mulai awal bulan November 2020. Di sesi pertama GCW  bertema ‘Semua Bisa Jadi Content Creator’, Samsung akan mengajak semua pengguna Galaxy A series untuk dari sekarang jadi content creator, dan  bisa membuat konten yang keren dengan fitur esensial dari Galaxy A01 Core, A01, dan A11. Pada GCW kedua bertema ‘Be Creator, Be Awesome You', Samsung akan menunjukkan beberapa cara membuat konten awesome dengan Galaxy A51 dan A71 .

Konten Awesome akan menghasilkan lebih banyak views dan pada akhirnya akan menghasilkan pendapatan bagi content creator. Dan pada sesi penutup, melalui GCW yang bertema “Create Your Content for Your Business” akan ditunjukkan tips serta trik bagaimana konten yang keren bisa mendukung bisnis penggunanya. “Di masa pandemi tentunya banyak perubahan dan tantangan. Kami mengajak pengguna Galaxy A series untuk mengubah tantangan menjadi peluang, yaitu menjadi content creator #withGalaxy di genggaman Anda," kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia. 

Irfan mengungkapkan, pasar ponsel pintar di Indonesia masih sangat bagus disambut pasar, terutama untuk pasar menengah ke bawah. Untuk itulah Samsung, lanjutnya menyediakan kebutuhan pasar tersebut dengan maksimal dengan menghadirkan fitur-fitur esensial yang dibutuhkan konsumen yang kini gemar membuat konten, seperti yang dihadirkan di Galaxy A01 Core, A01 dan A11.

Galaxy Creator Workshop yang diadakan melalui aplikasi Samsung Member, akan terdiri dari 3 sesi: sesi 'Semua Bisa Jadi Content Creator', sesi 'Be a Creator, Be Awesome You', dan sesi 'Create Your Content for Your Business'.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)