Marketing Trends zkumparan

Sistem Rating Inrate Berbasis Big Data Analitik

Sistem Rating Inrate Berbasis Big Data Analitik

Di tengah kencangnya arus digitalisasi media hiburan di Indonesia dan dunia, televisi ternyata masih mempunyai daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat beriklan.

Menurut Hartana, CEO Inrate, walau belanja iklan televisi masih terhitung tinggi sampai saat ini, sayangnya banyak pengiklan belum diuntungkan dengan sistem monitoring yang ada. Memang mereka akan mendapat laporan bukti tayang dalam bentuk rekaman, tapi sayangya hal tersebut tidak memberikan insight yang memadai tentang iklan mereka, misal apakah konsumen yang menonton iklan mereka sudah sesuai dengan target?

Menyadari hal tersebut, Inrate mengisi celah informasi yang terjadi selama ini antara pengiklan, agency, dan stasiun televisi. Dengan memanfaatkan teknologi big data dan didukung jaringan luas Telkom, Inrate menjanjikan data analitik yang lebih presisi dan targetted.

Sistem rating dari Inrate memfasilitasi stasiun televisi, agency, dan pengiklan untuk mendapatkan raw data yang nantinya bisa digunakan untuk rujukan dalam menentukan strategi beriklan terbaik. “Kami menyajikan rekaman video bukti tayang sebagai bukti bahwa iklan sudah ditayangkan pada acara program yang telah diperjanjikan sebelumnya kepada agency ataupun brand owner,” jelasnya.

Dengan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia,Hartana menjelaskan nantinya perusahaan akan melakukan perhitungan rating berdasarkan pelanggan UseeTV dengan profiling Helix Persona yang didapatkan dari lembaga penelitian Roy Morgan dan smart profile yang dihasilkan dari kapabilitas big data PT Metranet.

Sedangkan untuk pengolahan dan penyajian datanya, pendekatan berupa tampilan dashboard pada web aplikasi ramah pengguna dengan data yang diperbaharui secara real time bisa diakses lewat inrate.id. Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.

Di dalam aplikasi web yang disediakan, pengguna nantinya akan mendapat informasi tentang tentang iklan yang tayang di 15 saluran Free To Air Nasional secara lengkap dan mendetail. Informasi tentang rating, share dan jumlah audience dan program acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu juga akan disediakan.

Selain itu, Inrate bisa membandingkan TV Rating, sharing dan Jumlah audience saluran televisi berdasarkan slot time dan profile tertentu yang dipilih juga menjadi salah satu menunya. Inrate juga dapat menganalisa profile penonton di slot waktu tertentu berdasarkan profile yang dipilih dan kecenderungan untuk menonton di Channel TV yang mana.

Editor : Eva Martha Rahayu www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved