Technology Trends

Situs Community Buying Echo Untuk Meningkatkan Pengalaman Shop from Home

Situs Community Buying Echo Untuk Meningkatkan Pengalaman Shop from Home

Startup penyedia solusi e-commerce yang memberikan layanan teknologi omnichannel yang terintegrasi, Enablr merilis Echogtoup.id, marketplace berbasis website yang memudahkan UMKM berjualan secara kolektif kepada konsumen untuk mendapatkan berbagai produk kebutuhan harian dengan harga termurah.

Pengalaman berbelanja yang dihadirkan Echo menganut prinsip social commerce. Artinya, konsumen bisa berbelanja bersama-sama dengan relasi, kerabat atau keluarga terdekat untuk mendapatkan banyak manfaat, seperti diskon menarik dan tentunya harga yang jauh lebih murah.

Pendiri dan CEO Enablr Yohan Christian berpendapat, “Dilihat dari kultur masyarakat Indonesia yang suka melakukan kegiatan secara bersama-sama, maka kita menciptakan ekosistem berbelanja seperti di Echo. Solusi belanja online secara kolektif yang dapat memberikan banyak keuntungan menarik, baik bagi penjual dan konsumen.”

Go local, grow local! merupakan jawaban Echo atas tantangan yang dihadapi para pebisnis UMKM dalam melakukan adaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang kian dinamis.

Yohan mengatakan, kita melihat bahwa dengan adanya pandemi ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, cara-cara berbelanja konsumen dan pola konsumsi itu semakin berkembang. Dengan perubahan ini pun kita melihat bahwa para pebisnis juga perlu semakin strategis dan kreatif untuk menentukan di mana akan menjual barang dagangannya dan seperti apa pemasaran yang akan dijalankan. “Atas dasar itulah kita melihat jika konsep community buying ini memiliki potensi keberhasilan yang amat tinggi jika diterapkan di market Indonesia,” ujarnya.

Mengenai potensi jangkauan bisnis, CEO Enablr, Yohan Christian juga melihat Echo mampu menjangkau konsumen di kota-kota kecil. “Berkaitan dengan kultur kolektif ini kan juga animonya masih lebih kental di daerah-daerah sub-urban. Hal ini juga menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik dari segi konsumen maupun juga supplier atau pebisnis. Konsumen bisa belanja bareng-bareng, mungkin bisa ajak teman, tetangga, bahkan komunitasnya untuk belanja bareng supaya dapat harga murah dalam kuantitas besar, sementara untuk para pebisnis juga bisa menjangkau market di daerah tersebut tanpa effort yang terlalu besar.

Co-founder Enablr Sandi Wijono juga menambahkan, kehadiran Echo ditujukan untuk membangun ekosistem, yang mana para pelaku UMKM dan bisnis lainnya mampu memiliki daya saing dan mengubah model bisnis ritel yang saat ini tergolong supply-driven menjadi demand-driven. Echo juga diharapkan mampu membawa dampak positif bagi para pebisnis untuk memproduksi barang dengan nilai ekonomi yang kompetitif dan berdampak positif bagi para pembeli.

“Dengan hadirnya Echo, platform ini dapat menjadi wadah dan penggerak bagi para pelaku bisnis, khususnya UMKM, untuk dapat melakukan inovasi produk yang berkontribusi bagi nilai ekonomi dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan atau bahkan pabrik-pabrik besar,” katanya.

Kehadiran Echo bagi para pelaku bisnis selaras dengan tren yang sangat positif di industri ekonomi digital. Laporan terbaru e-Conomy SEA 2021 yang dikeluarkan Google, Bain & Company menyebut bahwa nilai ekonomi digital Indonesia melesat 49% year-on-year menjadi US$ 70 miliar pada tahun 2021. Bahkan, ekonomi digital Indonesia diprediksi bisa menyentuh US$ 146 miliar pada tahun 2025 mendatang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved