Technology Trends

Sociomile dan Thisable Libatkan Penyandang Diasbalitas Layani Pelanggan

Sociomile dan Thisable Libatkan Penyandang Diasbalitas Layani Pelanggan

Dulu, cara interaksi customer atau pelanggan menggunakan teknologi (voice) untuk menyampaikan keluhan dan kritikan kepada customer care / customer service terkait perusahaan / merek, tapi kini customer lebih menggunakan kanal digital untuk menyampaikan keluhan dan kritikannya. Seperti media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram), news portal, forum ataupun blog.

CEO & Co-founder Ivosights, Elga Yulwadian, mengatakan, di era digital seperti sekarang ini, kanal yang harus dikelola perusahaan sebagai touch – points yang menghubungkan perusahaan atau merek semakin beragam, aset-aset digitalnya pun menjadi lebih penting karena sifatnya terbuka. Kalau tidak dikelola dengan baik maka kredibilitas perusahaan atau merek terancam.

Hal inilah yang membuat Ivosights menyediakan Sociomile, platform layanan customer care omni channels yang dapat menghimpun sebagian besar kanal interaksi digital dalam satu dashboard.

“Berinteraksi langsung dengan customer melalui media sosial secara manual bisa sangat sulit karena banyak kanal media sosial. Sociomile merupakan platform yang memudahkan. CS kami akan membantu merespons keluhan (complaint handling) yang disampaikan customer melalui kanal digital, ” ujar Elga.

Memasuki tahun kedua, dengan menggandeng Thisable, Sociomile siap melibatkan penyandang disabilitas sebagai customer care atau customer service. Langkah merupakan bentuk dukungan Ivosights pada program pemerintah terkait pembangunan ketenagakerjaan yang inklusif yakni mempekerjakan penyandang disabilitas.

Untuk itu, lanjut Elga, Ivosights memberikan kesempatan kepada 20 penyandang disabilitas untuk bergabung dan berkarya bersama mengembangkan Ivosights. ” Tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut kerja sama ini,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Thisable Enterprise, total penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 21.846.733 atau setara dengan 8,56% penduduk Indonesia. Terdiri atas 18.132.789 orang penyandang disabilitad pasif dan 3.713.944 orang penyandang disabilitas aktif.

CEO & Co-founder Thisable Enterprise, Angkie Yudistia, mengatakan saat ini baru 14.650 orang penyandang disabilitas yang bergabung dengan Thisable Enterprise dan 3.255 orang merupakan penyandang disabilitas yang siap kerja.

“Kami menyambut baik kerja sama ini. Kami siap memberikan mitra kami yang berkualitas untuk berkarya bersama Ivosights, ” ujar dia.

PT Ivonesia Solusi Data atau Ivosights, perusahaan lokal yang memberikan solusi bagi perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui teknologi. Solusi yang dihadirkan berupa rangkaian aplikasi yang terintegrasi dalam satu payung: Ripple10 (digital monitoring), Sociomile (omni-channel customer service), dan Sociomation (Automation Digital CRM).

Melalui Ripple10, perusahaan atau merek dapat memantau percakapan pelanggan mereka secara online di beberapa saluran digital. Perusahaan atau merek pun dapat menanggapi komentar atau keluhan pelanggan di beberapa saluran digital hanya melalui satu aplikasi, Sociomile. Selain itu, perusahaan atau merek dapat mempelajari perilaku pelanggan melalui insights yang dapat membantu penyusunan strategi pemasaran melalui aplikasi Socimation.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved