Marketing Trends zkumparan

Solusi Blibli Untuk Peritel Fashion Jatim Hadapi Pandemi

Mengingat Jawa Timur (Jatim) merupakan pasar ketiga terbesar bagi kategori Fashion Wanita, Blibli.com mengeluarkan sejumlah solusi bagi peritel fashion di sana agar tetap dapat menjalankan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Blibli mengungkapkan bahwa kategori Fashion Wanita bisa melihat hadirnya celah pasar yang bisa dipergunakan oleh pengusaha fashion Jatim untuk tidak hanya mempertahankan usaha mereka, tapi juga mengembangkannya.

Desey Muharlina Bungsu, Vice President Fashion Wanita Category Blibli, mengatakan, Blibli melihat bahwa new normal telah membuka berbagai peluang baru untuk produk-produk fashion yang menunjang aktivitas kerja dan santai, seperti tote bag dan sepatu PVC yang multifungsi.

“Dengan go online di platform Blibli, pengusaha fashion Jatim bisa terus berjualan dan memperluas pasar ke seluruh Indonesia tanpa harus banyak terganjal oleh pembatasan protokol operasional,” ujarnya.

Untuk semakin menopang pengusaha lokal, Blibli menawarkan layanan Fulfillment by Blibli (FBB), yaitu dukungan logistik, mulai dari warehousing hingga delivery, yang akan membantu seller menghemat biaya operasional.

FBB didukung oleh 20 gudang dan 32 Hub di seluruh Indonesia, termasuk 3 fasilitas yang terletak di Surabaya. Hal ini memberi keuntungan bagi pelanggan karena mempercepat waktu pengiriman.

Sementara itu, untuk menjamin sanitasi semua produk yang dikirimkan, Blibli telah menerapkan prosedur sanitasi pada semua fasilitasnya dan menjalankan pengiriman tanpa kontak atau Contactless Shipping, untuk mengurangi kontak antara kurir dan pelanggan.

Berbagai inisiatif Blibli bersama seller mampu mendongkrak penjualan di Jatim. Khusus provinsi ini, Fashion Muslim menjadi sub-kategori dengan pertumbuhan penjualan terkuat sebesar 2 kali lipat di Semester 1–2020 secara tahun-ke-tahun. Selain itu, sub-kategori pakaian dan sepatu juga menunjukkan peningkatan signifikan masing-masing sebesar 1,5 kali lipat di periode yang sama.

Pertumbuhan penjualan didukung oleh kenaikan seller dari Jatim sebanyak 50% di Semester 1-2020 secara tahun-ke-tahun. Selain itu, kategori Fashion Wanita tetap bisa merekam pertumbuhan karena telah meluncurkan inisiatif baru selama pandemi, termasuk berkolaborasi dengan brand lokal ternama seperti Heaven Lights, Puru Kambera, dan Calla The Label. Hal ini sejalan dengan komitmen terhadap pengusaha lokal sesuai kampanye #KarenaLokalNo1.

“Sebagai bagian dari inisiatif Pejuang Lokal, Blibli juga ingin menggerakkan pelanggan untuk membeli produk dari pengusaha lokal. Dengan membantu membawa pemasukan bagi pengusaha lokal, pelanggan bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia,” ujar Desey.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved