Solusi Conversational Services dari 3Dolphins untuk Sahabat MII

3Dolphins, solusi chatbot dan social CRM terintegrasi kelas enterprise

3Dolphins, solusi chatbot dan social CRM terintegrasi kelas enterprise mengumumkan kemampuan baru yang bertujuan membantu transformasi pengalaman pelanggan melalui conversational services.

Bersamaan dengan ini, PT Mitra Integrasi Informatika (MII)—salah satu entitas Grup Metrodata yang fokus bidang solusi TIK (Teknologi Informasi Komputer) meluncurkan chatbot SAMI yang berbasiskan solusi 3Dolphins untuk meningkatkan pengalaman dalam melayani pelanggan.

SAMI adalah singkatan dari Sahabat MII dengan profil robot, energik, berwawasan luas, dan sigap membantu 24 X 7. SAMI merupakan persona bot yang dibuat oleh MII untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih baik kepada pelanggan.

Melalui SAMI, MII menjawab tren komunikasi dari pelanggan yang lebih menyukai instant messaging (chatting), karena bersifat lebih personal. SAMI memiliki platform teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mampu menjawab pertanyaan dari pelanggan selayaknya melakukan chat dengan manusia. SAMI memberikan informasi kepada pelanggan berupa infomasi produk/solusi, kegiatan dan promo, permohonan dan pengaduan.

Rian Novianto, Business Development Director dan Co-founder dari PT InMotion Inovasi Teknologi, menjelaskan, conversational services adalah metode menghantarkan layanan bisnis kepada pelanggan layaknya sebuah percakapan melalui penerapan AI pada chatbot.

“Melalui kemampuan conversational services ini, peran chatbot tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan atau menangani masalah yang dsampaikan pelanggan, seperti dalam customer support. Lebih jauh dari itu, chatbot berperan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Ujungnya, perusahaan dapat memberikan customer experience yang lebih baik bagi pelanggannya,” paparnya.

Rian mengatakan, 3Dolphins mengembangkan kemampuan conversational services dalam solusi chatbot-nya ini berdasarkan kebutuhan unik di masing-masing industri. Hal ini karena setiap industri memiliki proses bisnis, praktik terbaik, alur kerja dan basis pengetahuan yang berbeda-beda.

Herryanti Herman, Direktur PT Mitra Integrasi Informatika, menambahkan, saat ini perilaku generasi milenial membutuhkan media yang instan untuk membantu aktivitas mereka sehari-hari sehingga berdampak pada perubahan perilaku salah satunya memerlukan informasi cepat dan akurat.

Dibandingkan dengan media telepon, maka generasi milenial lebih memilih chatting sebagai channel interaksi. Didukung dengan salah satu pilar Metrodata yaitu digital business platform, MII mengembangkan teknologi robot AI yang ditujukan untuk berkomunikasi langsung dengan Sahabat MII melalui website dan dan LINE. Diharapkan pendekatan ini dapat diterima dengan baik dan semakin memudahkan interaksi dan komunikasi antara MII dan Sahabat MII.

“Hari ini 3Dolphins bersama dengan MII mendemonstrasikan bagaimana conversational services bekerja melalui seminar teknologi bertema ‘Mentransformasikan Pengalaman Pelanggan melalui Conversational Services’,” jelasnya.

Seminar teknologi ini membahas pentingnya Conversational Services di era serba digital saat ini. Para peserta seminar ini adalah para decision maker bidang Teknologi Informasi yang berasal dari industri layanan keuangan, pendidikan, telekomunikasi, properti, transportasi, kesehatan, teknologi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)