Business Research Marketing Trends zkumparan

Solusi Pengukuran Pemirsa Iklan Lintas Platform

Solusi Pengukuran Pemirsa Iklan Lintas Platform

Nielsen mengumumkan peluncuran Total Rating Iklan/Total Ad Ratings (TAR), solusi pengukuran kepemirsaan iklan lintas platform, di Indonesia. Jadi, untuk pertama kalinya di Indonesia, pemasar dan pemilik media akan dapat melihat tampilan gabungan yang tidak tergandakan dari jangkauan total pemirsa iklan mereka di TV, komputer, dan seluler.

TV dan jangkauan iklan digital biasanya diukur secara terpisah, sehingga sulit bagi pemasar dan pemilik media untuk mengukur pemirsa mereka pada lintas platform.

“Karena konsumsi media terus menjadi lebih terfragmentasi dan platform-agnostik, klien kami bergantung pada pengukuran pihak ketiga yang berkualitas untuk membantu mereka beradaptasi dan menjangkau pemirsa mereka dengan ketepatan yang lebih tinggi, terlepas dari layar yang mereka gunakan,” jelas Toni Petra, Head of Watch, Nielsen Indonesia.

Nielsen TAR memungkinkan klien untuk memahami dan mengoptimalkan hubungan antara televisi, komputer dan seluler, membantu mereka membuka nilai tersembunyi, meningkatkan efektivitas, dan pada akhirnya meningkatkan laba investasi (ROI).

Nielsen TAR mengukur jangkauan, frekuensi, dan poin peringkat bruto (GRP) untuk total pemirsa kampanye iklan di seluruh televisi dan semua titik digital (komputer, tablet, smartphone).

Memanfaatkan pengukuran TV dan pengukuran digital, Total Ad Rating akan membantu pemasar dan pemilik media memahami pemirsa kampanye iklan mereka yang hanya di TV, pemirsa khusus di komputer, pemirsa khusus di seluler, dan gabungan pemirsa lintas-platform yang dicapai melalui kombinasi TV, komputer, dan seluler. Hal ini memungkinkan pemasar dan pebisnis media untuk lebih memahami bagaimana TV dan media digital mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Dengan Nielsen Total Ad Ratings, pelaku industri media ataupun pengiklan dapat mengukur jangkauan kampanye iklan di televisi dan digital, mampu mengungkapkan siapa yang melihat iklan online, yang melihat iklannya di TV, dan yang melihatnya di kedua tempat tersebut.

Nielsen Total Ad Ratings memungkinkan duplikasi strategis dan pengukuran standar industri, lintas platform. Metrik yang termasuk di dalamnya adalah: jangkauan, kepemirsaan yang unik, frekuensi, GRP, digital impresi, usia dan jenis kelamin.

Dari studi kasus Indonesia untuk Nielsen Total Ad Ratings dengan 70 persen jangkauan TV Audience Measurement dan 3 persen jangkauan hanya di digital media; didapatkan hasil bahwa ada 19 persen dari konsumen yang mengakses dual-screen (baik media TV ataupun Digital).

Roman Pikatan, Business Director Universal McCann (UM) Indonesia mengatakan, Nielsen TAR memudarkan dikotomi pengukuran media offline dan online, serta memberikan perspektif yang utuh dari sisi kebiasaan audience multi-screen. Ini memberikan perspektif yang selama ini menjadi pertanyaan dari Advertiser yang mendambakan media planning yang efektif dan memberikan impact kepada pertumbuhan bisnis.

Sementara itu, Arfitrianto, Zulnaini VP Digital Marketing PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), menuturkan, audience buying akan menjadi inventaris premium baru saat pengiklan membeli inventaris iklan di berbagai platform. Jadi, memiliki single dashboard untuk mengukur kinerja kampanye di seluruh platform adalah suatu keharusan. “Saya sangat berharap TAR dapat melakukan keajaiban dan memenuhi daftar keinginan pemasaran “zaman sekarang,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved