Solusi PWA Bagi Pengguna Internet yang Lemot

step0001

Pergeseran pengguna internet di Indonesia yang kini cenderung ke mobile membuat cara mengonsumsi data berubah. Sebesar 40% pengguna meninggalkan situs jika situs tersebut tidak terbuka selama 3 detik dan 78% pengguna memilih situs yang tidak memiliki iklan lebih dari 4.

Nah, Google menawarkan teknologi Progressive Web Application (PWA) yang dapat membantu publisher untuk membuat situs web mobile yang ringan, cepat, dan berfungsi seperti aplikasi dengan navigasi sederhana dan fitur yang jelas. PWA adalah interaksi pengalaman dengan antarmuka pengguna (User Interface) serupa dengan aplikasi yang mengatur rendahnya friksi web.

Mana yang lebih baik, membuat applikasi atau PWA? Rica Handayani, Startegic Partner Manager Google, menjelaskan bahwa applikasi baik untuk meningkatkan loyalitas pengguna, namun tidak semua pengguna mau mengunduh applikasi karena takut kapasitas memory di smartphone mereka. “Applikasi tidak bisa menaikkan traffic situs secara organic. Dengan PWA, traffic bisa tumbuh secara organic dan pengguna tidak perlu takut kapasitas memory smartphone mereka penuh. PWA lebih ampuh dibandingkan format web mobile sebelumnya. Keunggulannya antara lain lebih cepat dalam pembuatan konten, fitur responsive, sampai kemampuan keamanan tingkat tinggi serta memiliki kemampuan untuk berfungsi secara offline. PWA cocok bagi pengguna dengan koneksi internet lambat dan terbatas,” jelasnya.

Ihwan Santoso, Manajer Teknologi Kompas Cyber Media, mengatakan, membuat PWA ini membutuhkan waktu yang relatif sebentar dan biaya yang lebih rendah dibandingkan harus membuat applikasi. “Untuk membuat PWA ini hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk mendesign user interfacenya (UI). UI nya sengaja kami design sama dengan versi mobile sehingga pengguna tidak sadar bahwa mereka sedang ada di PWA kami. Dengan PWA ini pemuatan konten bisa lebih cepat 50%. Dalam format web mobile loading konten bisa 5-6 detik, di PWA ini bisa 2-3 detik saja. Selain itu pengguna bisa tetap menikmati konten di PWA ini secara offline,” ujarnya.

Bagaimana PWA saling berkaitan dengan Accelerated Mobile Pages (AMP)? AMP membuat siapa saja mengadopsi semua praktik terbaik yang berfungsi dengan bail dan mendapatkan hampir instant loading di edge situs saat pengguna mengunjungi situs yang berasal dari Google Search. PWA memungkinkan developer mengambil keuntungan penuh dari web untuk membuat interaksi pengalaman serupa dengan applikasi yang lebih cepat, kokoh, dan ampuh untuk core situs. AMP dan PWA dapat digunakan secara bersamaan dalam membuat interaksi pengalaman yang mulus dan cepat baik untuk edge atau core situs. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)